TABANAN, BALIPOST.com – Pohon tumbang menimpa Pura Taman Bagendra Banjar Jelantik, di Banjar Jelantik, Desa Apuan, Kecamatan Baturiti, Pura Taman Bagendra pada Rabu (18/10) malam sekitar pukul 21.00 wita. Pohon jenis kroyo ini merusak setidaknya enam bangunan dan sebuah arca di pura tersebut.

Kelian Dinas Banjar Jelantik Desa Apuan Baturiti, I Kadek Budi, Kamis (19/10) mengatakan pohon yang berada sebelah timur Pura dengan diameter 3 meter dan tinggi sekitar 30 tersebut termasuk pohon yang dikeramatkan. Sebenarnya dari awal saat ada perbaikan di areal pura, pihaknya telah melakukan antisipasi dengan memangkas pohon tersebut. “Pura baru selesai diperbaiki tahun lalu. Saat melakukan perbaikan pohon sudah dipangkas sebagai antisipasi kalau tumbang,” ujarnya.

Baca juga:  Belasan Ribu E-KTP Invalid Dibakar  

Meskipun nanti ada hujan dan angin, masyarakat memprediksikan pohon tersebut akan tumbang ke arah timur. Tetapi kenyataannya pohon justru tumbang ke arah barat dimana bangunan pura berada.

Meskipun merusak beberapa bangunan namun tidak ada satupun pelinggih yang rusak terkena dahan pohon yang tumbang. Adapun bangunan yang mengalami kerusakan adalah balai paruman, balai panggungan, balai pengubengan, balai agung, balai pewaregan dan apit curang.

Baca juga:  Puluhan Ribu Lembar Surat Suara Ditemukan Rusak, Target Proses Pelipatan Dipastikan Molor

Dari penghitungan sementara kerugian yang dialami akibat bencana pohon tumbang tersebut sekitar Rp 600 juta. “Setelah pura dibersihka  nanti akan digelar upacara pembersihan,” ujar Kadek Budi. (Wira Sanjiwani/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.