pelindo
BNI & Pelindo III terbitkan Kartu E-Port, Uang Elektronik Khusus Pelabuhan. (BP/ist)

 

KINI giliran Pelabuhan Benoa Bali yang mendapatkan sentuhan digital dalam melayani transaksi yang dilakukan oleh para penggunanya, melalui kerja sama Pelindo III dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Sinergi kedua Badan Usaha Milik Negara ini memungkinkan diterbitkannya kartu khusus yang memiliki fungsi sebagai uang elektronik, yaitu E-Port yang didukung oleh sistem pembayaran digital BNI dengan produk utamanya BNI TapCash.

Bertempat di area terminal penumpang Kantor Pelindo III Benoa (19/9), peluncuran Kartu TapCash E-Port tersebut dihadiri oleh Direktur Utama Pelindo III IGN Askhara Danadiputra beserta jajaran direksi lainnya, VP Divisi Hubungan Kelembagaan BNI Arya Prajaka dan Pemimpin BNI Kantor Wilayah Bali NTB & NTT Putu Bagus Kresna.

Saat ditemui awak media Putu Bagus Kresna mengungkapkan bahwa kerjasama ini merupakan bentuk dukungan BNI terhadap program Bank Indonesia (BI) yang menggagas Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) dan Pelindo III dalam hal penggunaan Uang Elektronik. Penggunaan Kartu TapCash E-Port ini diharapkan mampu mengurangi antrian saat pembayaran di gerbang masuk ke pelabuhan. Kartu ini juga lebih efisien karena tidak perlu menyiapkan uang kembalian, dan seluruh transaksi dapat terekam dengan baik.

Baca juga:  Dari Jadwal Kapolda Irjen Narendra hingga Gubernur Koster Sampaikan Klarifikasi

“BNI sebagai partner keuangan dengan total financial solution, melihat nasabah bukan hanya dari kebutuhan keuangan saat ini saja melainkan dengan strategis melihat kebutuhan kedepan, sehingga BNI dapat memberikan solusi yang terintegrasi kepada seluruh kegiatan operasional Pelindo III dalam pengelolaan keuangan perusahaan secara efektif, efisien dan terintegrasi,” ujarnya.

Ada sekitar 15.000 kendaraan yang keluar masuk gerbang pelabuhan Benoa setiap harinya, mulai dari truk hingga kendaraan roda dua. Mereka merupakan target pengguna E-Port pada tahap awal. Kartu E-Port merupakan uang elektronik dalam bentuk kartu yang dikhususkan bagi para pengguna Jasa Kepelabuhanan yang ada di lingkungan Pelindo III. Kartu E-Port merupakan kartu yang diterbitkan oleh Pelindo III bekerja sama dengan BNI sebagai issuer uang elektronik TapCash.

Baca juga:  Diguyur Hujan, Longsor dan Pohon Tumbang Hancurkan Balai Gong

Kartu E-Port dapat dipergunakan sebagai alat bayar, alat transaksi, dan identitas para pengguna Jasa Kepelabuhanan di lingkungan Pelindo III antara lain seperti penggunaan di Gerbang Masuk pelabuhan, transaksi di tenant-tenant yang ada di pelabuhan, pembelian tiket transportasi, dan alat identifikasi bagi pengguna truk. Kartu E-Port dapat diisi ulang melalui ATM BNI berlogo TapCash, Kantor Cabang BNI, BNI SMS Banking, Alfamart, dan Electronic Data Capture (EDC) yang disediakan di lingkungan Pelabuhan.

Baca juga:  Tari Sakral Baris Memedi Tetap Eksis di Jatiluwih

Kerja sama dengan Pelindo III ini merupakan kelanjutan kerja sama yang telah dilakukan kedua perusahaan dalam Integrated Billing System, yaitu pengelolaan layanan kapal dan layanan bongkar muat barang dengan satu sistem yang terintegrasi. Kerja sama ini membuka peluang dukungan yang lebih luas dari BNI dalam meng-implementasikan Integrated Billing System ini. Peluang kerja sama yang terbuka ke depan adalah hal pembiayaan kepada mitra kerja Pelindo III. BNI telah menyediakan skim khusus untuk pembiayaan kepada shipping line, dan perusahaan bongkar muat barang, yaitu skim Supply Chain Financing (SCF). (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *