Logo Wonderful Indonesia. (BP/dok)
JAKARTA, BALIPOST.com – Pariwisata Indonesia kembali mendapat tantangan dari sejumlah negara di dunia. Kali ini, video Wonderful Indonesia berjudul “The Journey Through Wonderful Indonesia” bakal bersaing dengan lebih dari 60 video promosi pariwisata di dunia.

“The Journey Through Wonderful Indonesia” masuk menjadi nominasi dalam UNWTO Award-Tourism Video Competition untuk kategori People’s Choice Awards.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengajak seluruh masyarakat Indonesia turut serta memberikan suaranya untuk video Wonderful Indonesia. Menurut Menpar, terpilihnya video Wonderful Indonesia sebagai salah satu nominasi sudah membuktikan bahwa pariwisata Indonesia punya kualitas. Standarnya dunia.

Sehingga tidak salah kita sebagai warga negara Indonesia untuk dapat menegaskan kembali betapa kuat dan indahnya pariwisata Indonesia.

“Salah satu caranya dengan ikut vote di ajang ini,” ujar Menpar Arief Yahya.

Baca juga:  Bangun Koperasi Jangan Andalkan Bansos

Menurut Menpar, dengan keberhasilan Indonesia dalam ajang ini nantinya, tentu akan membawa dampak positif bagi pariwisata Indonesia. Salah satu bukti nyatanya adalah saat Indonesia meraih 12 penghargaan di ajang The World Halal Tourism Awards lalu.

Nama Indonesia langsung melejit dan dikenal dunia. Indonesia langsung menjadi incaran para pelancong dari berbagai belahan dunia yang memang tertarik dengan wisata yang muslim friendly.

Lebih jauh Menpar menjelaskan mengapa award (penghargaan) itu penting. Ada tiga alasan singkat. Yaitu Confidence, Credibility dan Calibration.

Satu penghargaan tentumya akan dapat menaikkan tingkat kepercayaan (confidence level) kita. Penghargaan pada dasarnya adalah sebuah legitimasi atau pengakuan. Bila kita mendapatkan penghargaan, maka self confidence kita akan naik.

Kemudian credibility. Jika dikomunikasikan dengan baik, award yang kita peroleh dapat menjadi cara marketing yang paling efektif untuk membangun image. Kita tidak perlu bersusah payah menyampaikan keunggulan yang kita miliki.

Baca juga:  Menhub Siapkan Konsep Moda Transportasi Umum Swakemudi

“Orang lainlah yang menyatakannya,” ujar Menpar.

Membentuk persepsi melalui positive referal seperti ini sangat efektif dan tentunya harus diikuti dengan kinerja kita yang baik pula.

Selanjutnya adalah calibration. Sebuah penghargaan juga bermanfaat untuk menera apakah yang kita lakukan sudah benar sekaligus mengetahui posisi kita dibandingkan dengan yang lain. Menera berarti melakukan pengukuran apakah yang kita lakukan sudah ada dalam track yang benar atau tidak.

“Dan pengukuran ini menjadi penting, karena bila tak bisa mengukur, maka kita tidak bisa mengelola. If you cannot measure, you cannot manage,” kata Menpar.

Karena itu Menpar mengajak seluruh masyarakat dapat berpartisipasi menyumbangkan satu vote-nya untuk Indonesia. Pariwisata Indonesia.

Baca juga:  Tampil di MIHAS 2017, Indonesia Menuju Kiblat Wisata Halal Dunia

Lalu bagaimana caranya memilih? Sangat mudah. Masuk ke http://lmd.unwto.org/webform/vote-now-your-favorite-video kemudian isi nama lengkap, menyertakan email dan memilih video Wonderful Indonesia dan submit.

Syaratnya adalah satu email, satu suara, satu IP Address, satu device, atau satu computer atau HP satu suara.

“Voting sendiri akan berakhir pada 11 September 2017, saya sudah mencoba, cukup mudah,” ucap Menpar Arief Yahya.

International Award, lanjut Marketeer of The Year 2013 ini, juga akan menaikkan level image Wonderful Indonesia. Apalagi dikeluarkan oleh lembaga yang kredibel, international standart, dan punya reputasi panjang. “Para pesaingnya dari 64 negara. Yuk, kita serbu! Kita menangkan vote via digital tersebut,” kata Arief Yahya. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *