Menpar Arief Yahya menyerahkan penghargaan ASEANTA Awards 2017. (BP/ist)
JAKARTA, BALIPOST.com – The 30th ASEANTA Awards for Excellence 2017 (ASEANTA Awards 2017) siap digelar di Flores Ballroom Hotel Borobudur Jakarta, Selasa 8 Agustus 2017. Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya direncanakan menghadiri acara gala dinner The 30th ASEANTA Awards for Excellence 2017 dan memberikan welcoming remarks serta menyerahkan penghargaan kepada para pemenang ASEANTA awards.

ASEANTA Award merupakan ajang kompetisi dan penghargaan bergengsi bagi pegiat dan pelaku pariwisata di negara-negara anggota ASEAN yang dilaksanakan tiap tahun oleh induk asosiasi pariwisata ASEAN.

Penghargaan itu terdiri dari 6 kategori yakni; Best ASEAN Travel Article, Best ASEAN Tourism Photo, Best ASEAN Marketing and Promotional Campaign, Best ASEAN New Tourism Attraction, Best ASEAN Airlines Program, dan Best ASEAN Cultural Preservation Effort.

“Aseanta Award umumnya diserahterimakan kepada para pemenang bersamaan dengan ASEAN Tourism Forum (ATF) di awal tahun. Tapi kali ini diselenggarakan secara khusus,” kata Pauline Suharno, Sekjen DPP Astindo yang juga representative Astindo @ Aseanta, Senin (7/8).

Menurut Pauline, seluruh peserta ASEAN@50 Sky Caravan akan menghadiri Aseanta Excellence Award di Hotel Borobudur Jakarta, 08 Agustus dilanjutkan dengan famtrip ke berbagai destinasi di Indonesia 9-11 Agustus 2017.

“Seluruh peserta ASEAN@50 Sky Caravan akan menghadiri Aseanta Excellence Award di Hotel Borobudur Jakarta, 8 Agustus dilanjutkan dengan famtrip ke berbagai destinasi di Indonesia 9-11 Agustus,” ungkapnya.

Baca juga:  Temu Wirasa di Kecamatan Dawan, Pemkab Komitmen Garap Sektor Pariwisata

Untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan ini, Indonesia bersaing dengan Thailand dan Phillipine. Aseanta board members yang terdiri dari perwakilan badan promosi pariwisata, maskapai penerbangan, asosiasi travel agent, asosiasi perhotelan negara-negara Asean juga akan turut menghadiri acara ini.

Acara gala dinner The 30th ASEANTA Awards for Excellence and Post Tour 2017 dihadiri sekitar 350 undangan di antaranya pimpinan ASEANTA (SAM Cheah/Deputy President, Margaret Heng/Secretary General of ASEANTA, dan Supawan Tanomkieatipume/Treasury of ASEANTA), para duta besar negara sahabat, General Secreatary of ASEAN Country, pajabat dari instansi terkait, asosiasi pariwisata, perwakilan airlines, serta para awardees.

“Untuk peserta dari luar negeri jumlahnya mencapai 140 an orang dari negara-negara Asean. Sedangkan untuk penyerahan award tamu undangan mencapai 350 orang,” jelas Pauline Suharno.

Menpar Arief Yahya memberikan apresiasi penyelenggaraan The 30th ASEANTA Awards for Excellence and Post Tour 2017 dengan memilih Indonesia sebagai tuan rumah dan dilanjutkan dengan Familiarization Trip (Fam Trip)–Post Tour Post yang diikuti 84 peserta dari kalangan travel agent atau tour operator, media (travel jourinalist), serta para awardees dengan mengunjungi destinasi unggulan di Tanah Air sebagai Wonderful Indonesia.

Menpar Arief Yahya mengatakan, kegiatan ASEANTA Awards for Excellence sangat penting dalam memicu para pegiat dan pelaku pariwisata di negara-negara anggota ASEAN untuk senantiasa melakukan pembaruan dalam kemajuan bersama sektor pariwisata ASEAN.

Baca juga:  Mulai Hari Ini, Kebijakan Satu Harga Minyak Goreng Diberlakukan

“Kemenangan dalam ASEANTA Awards ini akan mendongkrak level 3 C; confidence atau rasa percaya diri internal, credible atau semakin dipercaya orang eksternal, dan calibration dalam mendekatkan pada standar global di antaranya ditetapkan dalam standar pariwisata ASEAN,” kata Arief Yahya.

Menpar Arief Yahya mejelaskan, kegiatan mem-branding Wonderful Indonesia secara masif ke seluruh belahan dunia, terutama negara-negara sebagai pasar utama Indonesia, mendapat sambutan masyarakat internasional dan terbukti selama tahun 2016 Wonderful Indonesia mendapat 46 penghargaan internasional dari 22 negara di antaranya 3 penghargaan dari ASEANTA Awards 2016 (Best ASEAN Tourism Photo, Best ASEAN Travel Article, dan Best ASEAN Cultural Preservation Effort).

“Kampanye branding Wonderful Indonesia telah meningkatkan performance Indonesia. Hal ini terlihat dari popolaritas Wonderful Indonesia melonjak dari status tidak tercatat menjadi ranking 47 dunia, sedangkan Truly Asia (Malaysia) dan Amazing (Thailand) masing-masing berada di posisi 83 dan 97 dunia,” papar pria asal Banyuwangi ini.

Menpar Arief Yahya sendiri menargetkan Branding Wonderful Indonesia sapu bersih 5 kategori dalam ASEANTA Award 2017. Untuk merebut 5 kategori itu, Indonesia mengikutkan 28 karya yang siap bersaing dengan negara lain.

“Sebanyak 28 karya terbaik, semuanya world class telah kita daftarkan, kita ikut 5 dari 6 kategori yang diperlombakan. Do the Best, saatnya sapu bersih,” kata Menpar Arief Yahya.

Baca juga:  OJK Siapkan Kerangka Regulasi HAKI Sebagai Agunan Pinjaman

Kegiatan ASEANTA Awards didahului dengan ASEANTA Meeting yang diikuti para asosiasi pelaku bisnis pariwisata negara ASEAN di antaranya AHRA, airlines, FATA, dan ASEANTA Board Members yang berlangsung di Hotel Hermitege, Jakarta pada 6-7 Agustus 2017. Kemudian dilanjutkan jamuan makan malam dari Pemprov DKI Jakarta dengan top agent airlines, media, dan ASEANTA Board di Balaikota Jakarta.

Diketahui, Pariwisata Indonesia tahun ini mentargetkan 15 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dan akan meningkat menjadi 20 juta wisman pada 2019. Untuk mencapai target tersebut, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara (Deputi BP3M) Kemenpar memanfaatkan momentum event ASEANTA Awards 2017 dengan menyelenggarakan fam trip untuk mempromosikan Wonderful Indonesia.

Fam trip atau post tour diikuti 84 peserta dari travel agent atau tour operator, dan media/travel jourinalist dari ASEAN, Tiongkok, Hongkong, Malaysia, Jepang, Kuwait, UEA, Bangladesh, dan India mengikuti undangan dari 6 perusahaan airlines yakni; Garuda Indonesia, Thai Airways, Singapore Airlines, Philippine Airlines, Royal Brunei, dan Air Asia. Kegiatan fam trip yang berlangsung 9-11 Agustus 2017 dimulai dengan Jakarta city tour kemudian dilanjutkan ke destinasi Belitung, Bandung, Solo, Yogyakarta, Bali, dan Malang. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *