Piodalan
Terlihat para pemedek bersembahyang di Pura Puri Agung Dalem Tarukan. (BP/nik)
GIANYAR, BALIPOST.com – Ribuan krama mengikuti puncak piodalan di Pura Puri Agung Dalem Tarukan, Di Desa Pejeng Tampaksiring, pada Rabu (5/7). Puncak karya ini dipuput Bagawanta Pura, Ida Pedanda Wayahan Bun Pejeng Griya Sanur Pejeng.

Bendahara Bendesa Pura Puri Agung Dalem Tarukan, Putu Gede Widnyana menerangkan piodalan pada Buda Umanis Perangbakat rutin digelar setiap enam bulan sekali. “ Pura kawitan Ida Bhatara Dalem Tarukan ini di empon krama sejebag jagat Gianyar, kalau yang muspa krama sejebag jagat Bali, “ jelasnya.

Baca juga:  Libur Lebaran Berbarengan dengan Piodalan, Tanah Lot Padat Pengunjung

Rangkaian karya piodalan ini sudah dimulai sejak Redite Umanis Menail, (25/6) yakni dilaksanakan upacara mepekeling nanceb surya. Dilanjutkan hingga anggara Kliwon Perangbakat (4/5) dilaksanakan upacara nedunang Ida Bhatara, serta melasti. “ Melasti dilaksanakan di pura taman, yang masih ada di lingkungan Pura ini, “ katanya.

Usai puncak karya, akan dilanjutkan dengan ngayarin selama tiga hari. Hingga ngayarin dan nyineb piodalan akan dilaksanakan pada Purnama Kasa Saniscara Wage Perangbakat. “Keesokan pada redite Kliwon Bala, Ida Bhatara munggah mesineb ke meru, dengan dipuput oleh pemangku gede, “ tandasnya. (manik astajaya/balipost)

Baca juga:  Tokoh Revolusioner Perkembangan Hindu

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *