Suasana di Lombok Elephant Park. (BP/ist)
MATARAM, BALIPOST.com – Pesona wisata di ‘Pulau 1000 Masjid’ Lombok, Nusa Tenggara Barat, kini tambah lengkap. Selain ngehits dengan wisata family friendly di Sembalun, Mandalika yang bakal disulap menjadi ’10 Bali Baru’ dan tiga Gili yang sudah mendunia, Lombok sekarang punya Lombok Elephant Park. Di sini traveler bisa santai sejenak di lingkungan asri dan menyejukkan.

Bagi Anda yang bosan berada di tengah gedung-gedung tinggi, suasana perkotaan yang penuh polusi, di sinilah tempat yang pas untuk melepas penat. Momennya bisa sangat pas lantaran sebentar lagi ada libur panjang Lebaran yang menyapa. Bila kebetulan sedang berada di Lombok, silakan langkahkan kaki ke Lombok Elephant Park.

Destinasi liburan yang sudah dibuka sejak 1 Maret 2017 ini sangat oke untuk dijadikan destinasi liburan keluarga. “Nama Lombok Elephant Park dipilih agar lebih fokus dalam menjaga keberlangsungan satwa. Konsepnya, mulai dari sederhana dulu dengan beberapa satwa. Prioritasnya gajah,” ujar Presiden Direktur Lombok Elephant Park, Ketut Suadika, Minggu (18/6).

Baca juga:  Jelang Pergantian Tahun, Jalur Objek Wisata Ubud Macet

Suasana tenang dan nyaman dijamin bisa ditemui di tempat ini. Maklum, destinasinya dilengkapi dengan keindahan alam yang akan memanjakan mata. Akan ada banyak spot yang ‘instagrammable’. Dan di destinasi ini, traveller bisa merasa relaks dan bebas dari stress.

Berdiri di lahan seluas empat hektare, ada empat ekor gajah yang didatangkan langsung dari Way Kambas, Lampung. Selain itu, jenis fauna lain yang mengisi taman di antaranya jenis primata mulai dari orang utan, bekantan, dan siamang. Lalu ada buaya, kuda nil, dan beruang madu.

Ada pula 33 jenis burung yang dibiarkan lepas tanpa diikat di sejumlah pohon. Burung tersebut cukup jinak dan terlihat lucu. “Untuk jenis burung sekarang kita ada rangkong, kakatua raja, merak, burung hantu, kakak tua jambul kuning, dan nuri,” jelasnya.

Baca juga:  Pajak Jadi 40 Persen, Menparekraf Tanggapi Keluhan Pelaku Usaha Spa

Bagi pengunjung yang ingin mengelilingi taman dengan menaiki gajah, pengelola sudah menyiapkan jalur khusus. Sedangkan pengunjung yang ingin bekeliling taman dengan berjalan kaki juga disiapkan jalur sendiri dan seorang pendamping yang akan menjelaskan hewan-hewan yang ada.

Nah, bagi yang ingin berlibur ke sana, jangan keburu bingung dulu. Lokasinya bisa digapai dengan mudah. Dari Kota Mataram, jaraknya hanya 25 KM. Lokasinya dapat ditempuh melalui jalur Mataram – Gunungsari – Pusuk – Pemenang – Sigar Penjalin – Lombok Elephant Park. Selain itu, destinasinya juga bisa diakses melalui jalur dari Mataram – Senggigi – Pemenang – Sigar Penjalin – Lombok Elephant Park.

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Percepatan 10 Destinasi Prioritas Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Hiramsyah S. Thaib menegaskan bahwa wisata buatan ini akan memperkuat citra pariwisata Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pamor Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang sedang disiapkan menjadi ‘10 Bali Baru’ juga bisa ikut terangkat.
“Ini memberi warna baru bagi pariwisata di Lombok. Selain Sembalun, Mandalika dan tiga Gili, Lombok Elephant Park bisa menjadi referensi baru untuk leisure bersama keluarga,” ujar Ketua Pokja Percepatan 10 Destinasi Prioritas Kekemnpar Hiramsyah S Thaib yang didampingi PIC Mandalika T. Rahmadi.

Baca juga:  Surga Golf Indonesia Bius Pasar Wisata Beijing

Menpar Arief Yahya juga seirama. Dia tak ragu mempromosikan Lombok di Nusa Tenggara Barat sebagai contoh destinasi wisata liburan lebaran yang pas untuk keluarga. Apalagi, Lombok memiliki banyak atraksi yang menarik dan punya banyak keunggulan, baik alam, bahari, maupun kuliner. “Lombok di Nusa Tenggara Barat itu sudah world class. Juara dunia World Halal Tourism Award 2015 dan 2016, punya atraksi yabng hebat-hebat, culture dan kulinernya pun sangat oke. Ini sudah menjadi modal yang kuat untuk memajukan pariwisata,” kata Arief Yahya. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *