NEGARA, BALIPOST.com – Pencetakan Kartu Tanda Penduduk elektronik (E-KTP) di Kabupaten Jembrana mulai dilakukan menyusul datangnya blangko dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Jembrana saat ini mendapatkan jatah sekitar 5.000 blanko dan dilakukan pencetakan pada akhir pekan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jembrana, I Ketut Wiaspada, mengatakan jumlah blangko yang dikirimkan sudah mulai dicetak. Tetapi yang bisa dicetak merupakan KTP yang dilakukan perekaman data sebelum tahun 2017.

Baca juga:  Pengelolaan Hutan di Mendoyo Dauh Tukad “Kebablasan”

Sedangkan untuk yang 2017, menurut Wiaspada, datanya belum masuk ke pusat. Sehingga belum bisa dicetak. Pencari KTP untuk sementara masih menggunakan surat keterangan yang dikeluarkan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. “Surat keterangan yang kita keluarkan itu kita tandatangani, ada foto dan barcode,” terangnya.

Pencetakan menurutnya dilakukan setiap akhir pekan dan sesuai data yang siap dicetak (print ready record). Dari data yang sudah terekam ada sekitar 3.000 lebih lembar KTP yang bisa dicetak.

Baca juga:  Made Oka Bantah Pernyataan Novanto

Sedangkan sisanya sekitar 2.000 lebih belum bisa dicetak karena data masih mengendap belum masuk ke pusat. Adanya permasalahan KTP-el di pusat sedikit banyak berdampak pada pencetakan tersebut. (Surya Dharma/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *