Ilustrasi. (BP/dok)

DENPASAR, BALIPOST.com – Nasi merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia yang wajib ada. Namun, beberapa orang mungkin ingin mengganti nasi karena kandungan karbohidrat dan kalori di dalamnya.

Ada beberapa makanan yang bisa kamu gunakan sebagai alternatif pengganti nasi yang pastinya memiliki kandungan yang lebih baik dari nasi. Berikut makanan alternatif pengganti nasi yang dilansir dari berbagai sumber :

1. Quinoa

Quinoa merupakan biji-bijian yang berasal dari tanaman Chenopodium Quinoa. Pengganti nasi yang satu ini memiliki protein yang tinggi dan bebas gluten. Quinoa mengandung protein lengkap, yaitu mengandung asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh, sehingga makanan ini sering dijadikan sumber protein bagi vegetarian.

Cara menikmati quinoa yaitu dengan mencampurkan quinoa kering dengan air, kemudian didihkan dalam api kecil hingga semua air terserap. Angkat quinoa yang sudah matang dan diamkan selama lima menit, lalu kocok dengan garpu.

2. Nasi Shirataki

Nasi shirataki adalah salah satu makanan pengganti nasi yang cukup populer. Nasi ini memiliki kalori dan karbohidrat yang rendah dibanding nasi pada umumnya. Shirataki terbuat dari akar konjak yang kaya akan serat unik yang disebut glukomanan.

Baca juga:  Dari Karyawan di Pelabuhan Benoa Ditebas Satpam hingga Sembuh dari COVID-19, Nenek Usia 90 Tahun Dipulangkan

Glukomanan ini sedang dipelajari oleh banyak peneliti untuk manfaat kesehatan yang potensial dan untuk kemampuannya membentuk pelindung di sepanjang lapisan usus.

3. Nasi dari Kembang Kol

Kembang kol merupakan alternatif pengganti nasi yang rendah karbohidrat dan rendah kalori. Rasanya yang ringan, serta tekstur dan tampilan yang mirip dengan nasi menjadikannya alternatif nasi yang popuuler bagi orang yang sedang menjalani diet rendah karbohidrat.

Untuk membuat nasi kembang kol, potong kembang kol menjadi beberapa bagian dan parut menggunakan parutan kotak atau haluskan dengan food processor. Kemudian, masak dengan api sedang dengan sedikit minyak hingga teksturnya empuk dan berwarna kecoklatan.

4. Nasi dari Brokoli

Kandungan nutrisi yang ada di dalam brokoli, mirip dengan kembang kol. Brokoli juga dapat menjadi sumber vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan kuat yang dapat membantu mencegah kerusakan sel dan meningkatkan kekebalan tubuh. Untuk membuat nasi brokoli, caranya sama seperti membuat nasi kembang kol.

Baca juga:  Konsumsi Mie Instan Berlebihan, Kenali 7 Bahayanya

5. Nasi Beras Merah

Nasi merah memiliki infeks glikemik yang rendah dan cocok dikonsumsi untuk penderita diabetes tipe 2. Rasanya pun hampir mirip dengan nasi pada umumnya, sehingga nasi merah banyak disukai. Nasi ini juga mengandung serat yang tinggi, sehingga dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

6. Singkong

Singkong memiliki kandungan yang hampir sama dengan nasi putih. Namun, singkong dapat menjadi pengganti sumber karbohidrat yang dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan. Selain itu, singkong dapat dengan mudah ditemukan di Indonesia dan juga sudah lama digunakan sebagai bahan dasar berbagai makanan tradisional.

7. Ubi Jalar

Selain singkong, ubi jalar juga dapat dengan mudah ditemukan di Indonesia. Bahan pangan ini juga telah lama digunakan sebagai salah satu sumber energi. Ubi jalar kaya akan serat dan zat gizi yang penting untuk tubuh, seperti vitamin A, vitamin C, kalium, kolin, dan antioksidan.

8. Kentang

Kentang termasuk umbi-umbian yang sering dijadikan alternatif pengganti nasi. Jenis umbi satu ini memiliki beragam manfaat karena kandungan gizi di dalamnya, mulai dari kalium, folat, vitamin C, niasin, zat besi, dan mangan. Kentang juga dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama dan dapat diolah dalam berbagai bentuk makanan.

Baca juga:  Presiden Jokowi Salurkan Bantuan Beras di Bantul 

9. Oatmeal

Oatmeal juga merupakan salah satu makanan pengganti nasi yang populer. Namun, jika kamu memilih oatmeal sebagai pengganti nasi, pastikan bahwa oat tersebut terbuat dari gandum utuh. Makanan ini merupakan sumber serat yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Selain itu, oatmeal juga memberikan efek pada kesehatan, seperti menurunkan kadar gula darah dan kolesterol.

10. Jagung

Jagung memiliki kalori yang rendah, sehingga cocok dijadikan sebagai alternatif pengganti nasi. Setiap 100 gram biji jagung mengandung 86 kalori dan berbagai jenis vitamin B. jagung juga kaya serat dan dapat menjadi sumber energi.

Nah, itu tadi sepuluh makanan yang dapat kamu pilih sebagai pengganti nasi. Mengganti nasi bukan hanya digunakan untuk kebutuhan diet, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan.

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *