MANGUPURA, BALIPOST.com – Gugus Tugas Daerah Provinsi Bali dalam hal ini Satgas Kodam IX/Udayana mengawasi kedatangan ABK di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Selasa (12/5). Personel Kodam mengawasi dan mengamankan proses pemeriksaan 242 WNI yang bekerja sebagai ABK di Kapal Mein Schiff 3 (MS3).

Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav Jonny Harianto G., dalam siaran persnya, Rabu (13/5) mengungkapkan, 242 ABK tersebut tiba di Bali menumpang pesawat charter TB-8331 dari Bandara Hamburg. Kapendam mengatakan, meskipun pihak perusahaan sudah menyampaikan bahwa para ABK tersebut dinyatakan sehat karena telah melalui serangkaian rapid test dan swab test hasilnya negatif.

Baca juga:  PMI Diminta Patuhi Semua Imbauan Pemerintah

Namun satgas tetap melakukan pemeriksaan kesehatan saat setibanya di Bali. “Meski mereka telah dilengkapi fit to travel certificate (surat keterangan sehat) dari perusahaannya, namun begitu tiba di Bali mereka harus tetap menjalani serangkaian tes kesehatan sesuai dengan prosedur tetap yang berlaku oleh Satgas Gugus Tugas Daerah Bali dalam hal ini dari Prajurit Denkav 4/SP Kodam IX/Udayana yang juga melakukan pengamanan,” tegasnya.

Baca juga:  Media Asing Sebut Bali Miliki Imunitas Misterius Hadapi COVID-19

Usai pemeriksaan kesehatan, lanjut Kolonel Jonny Harianto, seluruh ABK dibawa menuju Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Niti Mandala Renon, Denpasar, untuk didata. Selanjutnya mereka dijemput oleh masing-masing Satgas Covid-19 Kabupaten/Kota untuk kemudian dibawa ke karantina yang telah disiapkan oleh masing-masing pemda setempat.
“Untuk wilayah Provinsi Bali, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P., ditunjuk menjadi Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu Penanggulangan COVID-19. Khusus bagi kedatangan PMI ataupun ABK yang bukan hanya masyarakat Bali, namun juga ada dari daerah provinsi lain sehingga diturunkan di Pulau Dewata ini,” ungkapnya. (Kerta Negara/balipost)

Baca juga:  Drama Gong Lawas Padukan Seni dan Teknologi
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *