Suasana evakuasi WN Lithuania di Sawangan. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Warga Negara Asing (WNA) asal Lithuania, Anatolij Vulf (43) ditemukan dalam kondisi tewas, Jumat (1/5). Sebelumnya, korban dikabarkan hilang saat bermain kano di Pantai Sawangan, Nusa Dua.

Menurut keterangan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) Gede Darmada, S.E., M.AP., dari laporan diketahui bahwa pada Jumat korban dikabarkan hilang saat bermain kano. Awal kecurigaan tersebut muncul ketika kano yang digunakan korban terlihat ada di dekat bibir pantai, namun tak jelas keberadaan korban. “Kami terima laporan pada pukul 19.10 Wita dari Ibu Kinta selaku Manager Villa Asmara Nusa Dua,” ungkapnya.

Baca juga:  Yosua Pratama Atlet Binaraga Badung Bali Berprestasi di Australia

Menurut Keterangan dari si pelapor, sempat ada yang melihat WNA tersebut bermain kano sekitar pukul 18.00 Wita. Untuk melakukan pencarian, Basarnas Bali langsung memberangkatkan tim menuju Pantai Sawangan, di lokasi ditemukannya kano yang digunakan oleh korban. Sementara itu, koordinasi juga tetap dilakukan dengan Polair Nusa Dua, Balawista Badung dan Villa Asmara Nusa Dua, guna menggali lebih dalam informasi.

Pada pukul 20.00 Wita, pencarian mulai dilakukan dengan penyisiran di darat, sepanjang bibir pantai. “Selain menyisir daratan, upaya pencarian juga dibantu dengan satu buah jukung,” kata Darmada.

Baca juga:  Bengkel Showroom Harley-Davidson Jimbaran Terbakar

Akhirnya pada pukul 23.38 Wita, korban berhasil ditemukan dalam keadaan sudah tak bernyawa dan selanjutnya jenazah dibawa menuju RSUP Sanglah dengan menggunakan ambulance BPBD Badung. Tubuh korban ditemukan di sekitar pantai 1,2 km arah timur laut dari lokasi dikabarkan menghilang.

Darmada menjelaskan, saat evakuasi, para personel wajib dilengkapi dengan alat dan baju pelindung diri lengkap. “Penggunaan APD lengkap, itu merupakan prosedur yang ada di Basarnas mengingat saat ini sedang merebaknya COVID-19. Faktor keselamatan tim rescue tetap dijadikan perhatian,” jelasnya.

Baca juga:  Turis Asal Finlandia Tewas Digulung Ombak

Operasi SAR juga melibatkan unsur SAR dari Polair Nusa Dua, Polsek Kuta Selatan, BPBD Badung, pecalang desa Sawangan, pihak Villa The Asmara Nusa Dua, nelayan dan masyarakat setempat. (Yudi Karnaedi/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *