Dewa Made Indra. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Sebelum Bangli mencatatkan kasus positif COVID-19 akibat transmisi lokal sebanyak 8 orang sekaligus, Denpasar sudah terlebih dulu disoroti. Mengingat tingginya kasus positif COVID-19 yakni mencapai 52 orang, yang 15 diantaranya transmisi lokal.

“Kalau yang terjadi di Denpasar, itu sebenarnya kasusnya juga sama transmisi lokal. Tapi dalam intensitas yang kecil,” ujar Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Bali, Dewa Made Indra dalam keterangan pers, Selasa (28/4).

Baca juga:  COVID-19 Timbulkan Kemiskinan Baru, Saatnya Garap Pertanian

Dalam hal ini, lanjut Dewa Indra, satu orang positif COVID-19 menginfeksi satu orang berikutnya. Berbeda dengan yang terjadi di Bangli, dimana satu orang positif menginfeksi sampai 8 orang lainnya. Atau di Karangasem, satu orang positif menginfeksi 4 orang.

“Kalau di Denpasar, boleh dikatakan tidak terjadi sampai sedemikian banyak. Bahwa ada banyak yang terinfeksi (karena transmisi lokal, red), tapi orang yang menginfeksi juga banyak,” jelasnya.

Baca juga:  BBMKG Denpasar Tetapkan Status Siaga Curah Hujan Tinggi di Kecamatan Ini

Menurut Dewa Indra, peningkatan kasus transmisi lokal harus menjadi kewaspadaan semua pihak. Baik pemerintah kabupaten/kota maupun masyarakatnya. Kunci untuk memutus mata rantai penyebaran virus adalah kedisiplinan.

Yakni disiplin menjaga jarak, membatasi interaksi dengan orang lain, mencuci tangan, memakai masker dan khusus bagi para pekerja migran yang baru datang dari luar negeri agar benar-benar mengisolasi diri sampai tuntas melalui dua kali rapid test dinyatakan negatif.

Baca juga:  Ibu Meninggal Usai Melahirkan di RSUD Sanjiwani

Hingga Selasa (28/4) sore, Bali mencatat akumulatif kasus positif COVID-19 sebanyak 215 orang. Terdiri dari 8 WNA dan 207 WNI. Untuk WNI, rinciannya, 133 orang positif karena imported case dengan riwayat perjalanan dari luar negeri (65,58 persen) dan mayoritas adalah pekerja migran, terinfeksi dari daerah terjangkit sebanyak 20 orang (9,30 persen), dan transmisi lokal 54 orang (25,11 persen). (Rindra Devita/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *