Seniman recycle I Gusti Lanang Mantra saat menunjukkan hasil karyanya. (BP/Nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com  – Seniman yang satu ini memiliki jiwa seni dan kreativitas yang sangat tinggi. Dialah sosok, I Gusti Lanang Mantra. Seniman recycle asal Banjar Menang Kawan ini, mampu menyulap berbagai produk sampah atau barang bekas untuk dijadikan sebagai karya seni yang mampu memiliki nilai seni yang tinggi. Yang terbaru, Lanang Mantra mampu menyulap galon minyak goreng bekas menjadi sebuah tas jinjing.

Disambagi di art shop-nya, di Pasar Menanga, I Gusti Lanang Mantra, Minggu (26/4) mengatakan, selama ini, dirinya mengakui memang sudah sering membuat karya seni dengan memanfaatkan bahan-bahan dari sampah maupun barang bekas. Dan yang terbaru, dirinya kembali membuat karya seni berupa tas jinjing yang memakai bahan baku galon minyak goreng bekas.

“Ide ini, muncul tergadang tiba-tiba dari pikiran. Untuk ide untuk membuat tas memakai bahan bekas galon minyak goreng ini, kebetulan dirumah banyak numpuk galon karena istri jualan pisang goreng. Dari sanalah akhirnya muncul membuat tas ini,”ucapnya.

Baca juga:  Pelaku Penganiayaan dan Penodongan Ternyata Om dan Keponakan

Lanang Mantra menambahkan, selain memakai bahan baku galon bekas, bahan yang dipakai juga kain jean bekas. Dimana  galon minyak itu, diluarnya diisi lapisan jean yang sudah di jarit dan di lem sesuai dengan bentuk galon. Selain jean, bahan lainnya juga ada map plastik untuk menutupi galon yang ada didalamnya, “katanya.

Tak hanya galon minyak goreng bekas yang disulap dijadikan tas, Lanang Manta, juga membuat sepatu menggunakan bahan baku kain jean bekas. Jelas dia, hasil karyanya ini ditaruh di art shop-nya untuk ditawarkan kepada pembeli.

“Nanti, misalnya kalau ada yang minat dan ada yang membelinya, maka akan dijual. Selain itu, saja juga buat ogoh-ogoh mini memakai kardus bekas dsn kerajinan yang lainnya,”terang Lanang Mantra. (Eka Prananada/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.