TABANAN, BALIPOST.com – Keberadaan tenaga kerja (naker) migran tak membuat warga Desa Tibubiu, Kecamatan Kerambitan, khawatir. Asalkan mereka mau disiplin menjalani protokol pencegahan penyebaran COVID-19 dengan baik dan benar.

Terbukti, tiga orang naker migran asal desa setempat telah selesai menjalani masa isolasi mandiri dan dinyatakan kondisi sehat. Ketiganya pun telah diserahkan kepada Perbekel dan Jro Bendesa Adat Desa Pakraman Tibubiu untuk selanjutnya bisa menjalani kehidupan seperti biasa.

Salah seorang anggota DPRD Tabanan yang juga merupakan tokoh masyarakat setempat, I Ketut Arsana Yasa, Sabtu (25/4) mengatakan, selama menjalani isolasi mandiri selama 14 hari, Satgas Gotong Royong Pencegahan COVID-19 Desa Tibubiu terus melakukan pengawasan. Bahkan agar protokol pelaksanaan isolasi mandiri berjalan baik, rumah yang bersangkutan dilakukan penggembokan.

Meski demikian, untuk kebutuhan sembako para PMI ini selama menjalani isolasi mandiri tetap dibantu oleh Satgas. “Jadi selama karantina Satgas menggembok pintu rumah mereka dengan tujuan agar proses karantina berjalan baik dan untuk keselamatan semua orang. Astungkara hasil tes rapid negatif semua, sehingga kita menyerahkan kembali PMI kita kepada bendesa adat dan perbekel, selanjutnya kita ajak bergotong royong mencegah virus corona,” terangnya.

Baca juga:  PMI Diminta Patuhi Semua Imbauan Pemerintah

Lanjut kata Arsana Yasa, selama ini desa Tibubiu sangat menerima dengan baik warganya yang sebelumnya bekerja di luar negeri dan tidak sampai terjadi penolakan.

Ketiga PMI yang telah menjalani masa isolasi mandiri tersebut yakni I Nyoman Wiarsa, I Made Suka Adnyana dan I Gede Kartika. Mereka telah menjalani rapid test dari dinas kesehatan kabupaten Tabanan dan hasilnya negatif, dan telah dikuatkan dengan surat keterangan sehat oleh Dinas Kesehatan Tabanan.

Sementara itu Perbekel Desa Tibubiu I Made Ardena mengatakan sangat berterimakasih kepada semua PMI yang telah melaksanakan isolasi mandiri.  Begitupun Bendesa Adat Tibubiu I Wayan Jarwa mengatakan hal senada. Ia mengapresiasi usaha Satgas Gotong Royong Desa Tibubiu. (Puspawati/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.