Ruang screening COVID-19 di Pelabuhan Gilimanuk. (BP/Istimewa)

NEGARA, BALIPOST.com – Seorang warga Denpasar yang baru masuk dari Jawa melalui Pelabuhan Gilimanuk, Jumat (17/4) malam diketahui terindikasi COVID-19. Dari hasil pemeriksaan kesehatan oleh tim Kantor Kesehatan Pelabuhan dan Dinas Kesehatan Jembrana di pintu masuk Bali tersebut, penumpang mobil pribadi yang sempat melakukan perjalanan ke Blitar dan Malang ini terindikasi suspec COVID-19 (reaktif).

Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jembrana, dr I Gusti Agung Arisantha, Sabtu (18/4) membenarkan hal tersebut. Warga asal Denpasar yang datang dari Jawa ini mengendarai mobil pribadi bersama dua keluarganya.

Sesuai prosedur, warga yang masuk dan berasal dari daerah zona merah dilakukan rapid test. Dan dari pemeriksaan oleh tim analis di Pos Kesehatan KKP Gilimanuk hasilnya reaktif COVID-19. “Ya benar satu orang dan sudah langsung dibawa ke Bapulkes (Balai Pusat Kesehatan), Denpasar,” terang Arisantha.

Baca juga:  Bantu Penanganan COVID-19 di Jembrana, Kresna Jaya Perkasa Serahkan Sembako dan APD

Selama pemeriksaan rapid test diberlakukan di pintu masuk Gilimanuk, menurutnya baru satu orang ini yang hasilnya reaktif. Warga ini menurutnya langsung dibawa oleh petugas dengan mengendarai mobil ambulance dan dikawal tim Satgas untuk penanganan lebih lanjut.

Hingga saat ini pola pemeriksaan kesehatan setiap orang yang masuk melalui Pelabuhan Gilimanuk dilakukan di pintu masuk. Baik di Pos Pemeriksaan Terpadu maupun di  lobby pintu keluar penumpang pejalan kaki.

Petugas selain memeriksa suhu tubuh, juga mencari tahu riwayat perjalanan  penumpang ini. Bila pernah memasuki zona merah maka akan dilakukan rapid test. (Surya Dharma/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.