I Gusti Bagus Putra Pertama. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Dalam data sebaran kasus positif COVID-19 di Bali, Karangasem memiliki kasus terkonfirmasi positif. Satgas Penanggulangan COVID-19 Karangasem pun menggelar rilis terkait kasus positif ini.

Ketua Harian Satgas Penanggulangan COVID-19 Karangasem I Gede Darmawa, pada Rabu (8/4) sore membenarkan ada tiga pasien yang terkonfirmasi positif. Kata dia, dari tiga orang tersebut, satu orang telah dinyatakan sembuh.

Sementara dua orang masih dalam perawatan di rumah sakit rujukan penanganan COVID-19 di Denpasar. “Satu orang sudah dinyatakan sembuh. Mereka pulang ke Karangasem dan masih dipantau perkembangannya. Dan kita sudah melacak keluarga dan orang yang sebelumnya kontak dan ditemukan tujuh orang. Kami lakukan rapid test dan tujuh orang itu hasilnya negatif,” ucapnya.

Darmawa mengatakan, ketiga orang yang dikonfirmasi positif corona semuanya adalah Pekerja Migran Indonesia (PMI). Mereka semua terlacak saat persiapan karantina, kemudian dilakukan pemeriksaan oleh Satgas Provinsi Bali. “Kasus tersebut ditemukan di Wilayah Denpasar. Tapi, ketiganya ber-KTP Karangasem,” katanya.

Baca juga:  Tanggulangi COVID-19, Karangasem Alokasikan Anggaran Rp 8,7 Miliar

Koordinator Kesehatan Satgas Karangasem I Gusti Bagus Putra Pertama mengatakan, kabupaten hanya berhak menyampaikan informasi mengenai jumlah dan sebaran orang dalam pemantauan (ODP) pasien dalam pengawasan (PDP). Untuk di Karangasem memang belum ada ditemukan kasus terkonfirmasi positif yang penularannya melalui transmisi lokal Karangasem.

“Data di kabupaten itulah hasil kerja dan yang ditangani di Karangasem. Yang jelas yang kami sudah laporkan adalah yang kami pantau dan kami tangani di wilayah kerja Karangasem, belum sampai yang di luar,” tegasnya. (Eka Parananda/balipost)