DENPASAR, BALIPOST.com – Jumlah kedatangan internasional menurun drastis selama sepekan terakhir di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, jika ada pun kebanyakan membawa WNI yang pulang. Selain itu juga melakukan evakuasi warga negara asing (WNA) di Bali.

Pada Jumat (3/4) sebanyak 134 WNI menggunakan penerbangan Qatar Airways tiba. Menurut Kepala Otoritas Bandara (Otban) Wilayah IV Bali, Elfi Amir, pesawat mendarat sekitar pukul 16.40 WITA.

Pesawat ini selain membawa WNI yang merupakan anak buah kapal (ABK) pesiar, terdapat pula 19 kru pesawat. Dijelaskan sekitar pukul 16.55 WITA, seluruh penumpang masuki area terminal kedatangan internasional.

Sesuai protap, dilakukan pemeriksaan Thermo Scanner, pendataan penumpang (Wawancara), plaksanaan Rapid Test, proses imigrasi, baggage claim, dan pemeriksaan bea dan cukai. “Sekitar 17.20 WITA, para penumpang sudah mulai melewati pemeriksaan bea cukai dan keluar menuju zona Penjemputan,” ungkapnya.

Baca juga:  Cegah Personelnya Terpapar COVID-19, Ini Dilakukan Kapolresta

Ditambahkan, sesuai protap jika proses wawancara penumpang memiliki riwayat dari 10 negara endemi (yang dikeluarkan Kemenlu) dan atau suhu tubuh lebih dari 38° C maka penumpang akan diperiksa lebih lanjut di ruang karantina KKP. “WNI yang sudah mendapatkan clearance dari KKP tetap disarankan untuk melaksanakan self-quarantine selama 14 hari,” tegasnya.

Ia juga mengatakan rencananya pesawat Qatar Airways ini saat take off ke Doha akan mengevakuasi WNA sebanyak 69 orang. (Pramana Wijaya/balipost)

BAGIKAN