Pesawat yang membawa ratusan ABK berada di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kamis (2/4). (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Kedatangan anak buah kapal masih berlanjut pada Kamis (2/4) pagi. Ratusan ABK pesiar tersebut menggunakan pesawat rute Madrid, Spanyol ke Denpasar.

Menurut Kepala Otoritas Bandara (Otban) Wilayah IV, Elfi Amir, para pekerja migran Indonesia (PMI) ini menggunakan pesawat Air Europe dengan kode penerbangan
AEA6422. Mereka tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada Pukul 09.37 WITA.

Dikatakan, sebanyak 274 PMI itu berasal dari Miami, Amerika Serikat. Namun keberangkatan mereka dari Spanyol.

Dikonfirmasi terkait hal ini, Sekretaris Satgas Penanggulangan COVID-19 Provinsi Bali, Made Rentin, mengatakan karena berasal dari Amerika Serikat, para ABK ini masuk karantina dan rapid tes
t. ”
Karena jumlahnya banyak, rapid test kami lakukan di Bandara. Begitu hasil negatif boleh pulang dan isolasi mandiri,” terangnya.

Baca juga:  Kasus Positif COVID-19 Bertambah 22 Orang, Mayoritas Transmisi Lokal

Hal ini sama dengan kedatangan pada Rabu (1/4). Ratusan pekerja migran Indonesia (PMI) berangkat dari Spanyol tiba di Bali. Sebanyak 291 ABK itu merupakan pekerja dari Carnival Group yang berpusat di Miami, AS. Mereka menggunakan maskapai penerbangan Air Wamos EB9421.

Sesuai protap, mereka harus melewati screening COVID-19. Terlebih, Spanyol dan AS merupakan salah satu dari 11 negara endemi yang termasuk dalam daftar Kementerian Luar Negeri RI. Sebelas negara itu adalah Tiongkok Daratan, Iran, Italia, Vatikan, Spanyol, Prancis, Jerman, Swiss, Inggris, Amerika Serikat, Kota Daegu dan Provinsi Gyeongsangbuk-do di Korea Selatan. (Pramana Wijaya/balipost)