Suasana kedatangan ABK pesiar pada Senin (30/3) malam. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Ratusan anak buah kapal (ABK) pesiar secara bertahap tiba di Bandara Ngurah Rai mulai Minggu (29/3). Pada Senin (30/3) malam, juga terdapat 316 ABK dari Kapal Pesiar MSC Splendida yang berangkat dari Italia tiba di Bali.

Menurut Kepala Otoritas Bandara (Otban) Wilayah IV Bali, Elfi Amir, Selasa (31/3), kedatangan ratusan ABK ini sudah diantisipasi Satgas Penanggulangan COVID-19 Bali dan instansi terkait. Ia mengungkapkan total ada 316 ABK yang diangkut pesawat Qatar Airways QR960 tiba sekitar pukul 22.10 WITA.

Diutarakannya setelah tiba di Bandara Ngurah Rai, standard operating procedure (SOP), ABK memasuki area kedatangan internasional. Di area ini dilakukan pemeriksaan Thermo Scanner, pendataan penumpang, dan rapid test COVID-19 (jika hasil positif akan langsung di bawa ke RS rujukan, jika negatif akan lanjut ke proses selanjutnya), kemudian proses imigrasi. Setelah itu dilakukan baggage claim dan pemeriksaan bea dan cukai.

Baca juga:  Satu Pasien COVID-19 di Denpasar Sembuh, Ini Asal Kelurahannya

“Untuk kedatangan (pekerja migran Indonesia, red) menjadi kerja keras Satgas dan KKP untuk melakukan pengawasan dan pengecekan kesehatan,” ungkapnya.

Ia mengatakan untuk ABK yang datang dari Italia, sekitar pukul 23.22 WITA sudah mulai melewati pemeriksaan bea cukai dan keluar menuju Zona Penjemputan. “Kami di Bandara menerima pemulangan Pekerjaan Migran Indonesia dari luar negeri, juga memberangkatkan WNA yg ada di Bali kembali ke negaranya,” jelasnya.

Terkait pemeriksaan kesehatan, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Denpasar dr. H. Lucky Thahjono mengatakan seluruh penumpang tersebut menjalani pemeriksaan di pintu masuk Terminal Kedatangan Internasional. “Tidak ada yang dikarantina,” katanya singkat saat dihubungi lewat WhatsApp. (Pramana Wijaya/balipost)