Pemkab Tabanan menggunakan aplikasi konferensi jarak jauh untuk rapat internal. (BP/Istimewa)

TABANAN, BALIPOST.com – Wabah COVID-19 di Indonesia berdampak pada penerapan kebijakan bekerja dari rumah untuk meminimalisasi risiko penularan. Kendati demikian, tugas pemerintahan pun tidak serta merta mati suri.

Di Kabupaten Tabanan misalnya, kegiatan rapat internal sudah dilakukan melalui aplikasi konferensi jarak jauh. Seperti yang dilakukan Jumat (20/3), Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti menggelar rapat menggunakan video conference, di gedung Tabanan Command Center (TCC) yang berlokasi di belakang rumah jabatan setempat. Hal ini dilakukan untuk mengurangi interaksi sosial.

Untuk penyediaan ini menggunakan teknologi ini dari IT Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tabanan.
Dalam kesempatan itu, Bupati Eka menanyakan langsung perihal penanganan satgas COVID-19 serta tugas-tugas pemerintahan lainnya. Setidaknya ada 12 pimpinan OPD yang bisa terhubung langsung dengan aplikasi yang tersedia tersebut.

Baca juga:  Sinkronisasi Data, Kodim 1619/Tabanan Gelar Komsos 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Putu Dian Setiawan mengatakan, untuk teleconference dengan pimpinan daerah menggunakan aplikasi umum dengan menggunakan TI yang dimiliki. “Kita menggunakan kemajuan teknologi, termasuk juga rapat video conference dengan para camat, semua jaringan dalam kondisi baik,” terang Putu Dian. (Puspawati/balipost)