JAKARTA, BALIPOST.com – Di tengah maraknya upaya untuk memutus peredaran COVID-19, layanan antar secara online juga melakukan berbagai upaya. Salah satunya seperti yang dilakukan Grab untuk melindungi kesehatan dan keselamatan, baik pelanggan maupun mitra.

Gerakan yang disebut KitaVSCorona ini, jelas Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi, merupakan aksi untuk seluruh rangkaian mitra pengemudi, pengantaran, merchant, dan karyawan Grab Indonesia. “KitaVSCorona berupaya untuk menyebarkan nilai-nilai positif, membangun keteguhan dan memberdayakan masyarakat Indonesia saat masyarakat bergotong royong untuk meratakan kurva pandemi,” ungkap Neneng Goenadi, Managing Director, Grab Indonesia.

Ia pun memaparkan sejak dimulainya wabah penyebaran virus COVID-19 pada bulan Desember, Grab Indonesia telah memonitor situasi dan mempersiapkan seluruh pemangku kepentingan Grab. “Di Grab, kami menempatkan kesehatan dan keselamatan pelanggan, Mitra Pengemudi dan merchant kami sebagai prioritas utama dalam seluruh kegiatan operasional kami. Melalui upaya jaga jarak sosial yang aman dan efektif, kemitraan dari segi teknologi dan inisiatif edukasi kami, kami telah menerapkan langkah-langkah tegas untuk membatasi penyebaran virus di Indonesia,” tegasnya.

Baca juga:  Hasil Lab Dua WNA di Tabanan Lama Keluar, Ini Penjelasannya

Di masa yang tidak pasti ini, sebagai aplikasi serba bisa di Indonesia, pihaknya memiliki kewajiban untuk memastikan seluruh lini layanan berjalan dengan risiko yang lebih minim bagi semua pelanggan dan lini mitra yang dilayani dan dukung dalam platform.

Salah satu contohnya, sebagai langkah perlindungan bagi pelanggan dan mitra pengantaran, diperkenalkan Pemesanan Tanpa Kontak di antara kedua pihak. “Kami sangat menyarankan pelanggan untuk memilih pembayaran non-tunai. Jika penggunaan uang tunai tidak dapat dihindari, pelanggan dapat meletakkan uang tersebut di dalam amplop dan menaruhnya di tempat pesanan yang telah ditentukan sebelumnya,” ujarnya.

Grab juga mengimplementasikan langkah pencegahan tambahan di seluruh gerai GrabKitchen di Jakarta, Bandung, Bali, Surabaya, dan Medan. Termasuk, mengecek suhu tubuh sebelum mulai bekerja. (kmb/balipost)