MANGUPURA, BALIPOST.com – Penyemprotan disinfektan yang dilakukan serentak di seluruh Bali juga diterapkan dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Badung. Pemerintah di Gumi Keris sendiri menfokuskan pencegahan Covid-19 ini pada pelayanan publik.

Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta yang hadir dalam aksi tersebut mengatakan pihaknya sangat siap melakukan penanganan terhadap penyebaran Virus Corona. Bahkan, pihaknya juga menempuh jalan alternatif dengan menggelar ritual sesuai kepercayaan Hindu.

“Kami sangat siap melakukan penanganan covid-19 di wilayah kami, bahkan secara niskala dan sekala kami jalankan agar Badung aman,” ungkap Bupati Giri Prasta, Minggu (15/3).

Wakil Bupati Badung, Ketut Suiasa juga mengatakan kesiapan Badung menangani penyebaran Covid-19. “Kami selalu taat kepada kebijakan dan arahan pusat. Penyemprotan disinfektan ini sebagai salah satu upaya yang kami lakukan,” tegasnya.

Baca juga:  Tabanan Disinfeksi Obyek Wisata Cegah Penyebaran COVID-19

Sementara Kadis Kesehatan Badung dr I Nyoman Gunarta, mengatakan penyemprotan dan penanganan Covid-19 di Kabupaten Badung akan difokuskan pada pelayanan publik. Bahkan, pihaknya akan menempatkan petugas khusus untuk melakukan scanner suhu tubuh di setiap pelayanan publik. “Kami akan fokus pada pelayanan publik, seperti puskesmas, kantor camat, Puspem Badung. Objek ini yang paling sering diakses oleh masyarakat,” katanya.

Mantan Dirut RSD Mangusada ini juga mengatakan telah memiliki persiapan disinfektan yang memadai untuk penanganan beberapa bulan ke depan. “Kami ada cadangan disinfektan cukup untuk mengisi 1.000 alat penyemprotan,” pungkasnya. (Parwata/balipost)