Seorang pria menggunakan masker berjalan di salah satu mal di Beijing pada 5 Maret. (BP/AFP)

DENPASAR, BALIPOST.com – Duta Besar RI untuk Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dan Mongolia, Djauhari Oratmangun dan sejumlah stafnya melakukan pemantauan situasi di Beijing yang disebut sudah kondusif. Dalam sebuah video yang viral, Djauhari Oratmangun mengunjungi sejumlah pusat keramaian di ibu kota RRT itu.

Salah satunya, Djauhari mengunjungi mal di Beijing. Bahkan ada yang menarik di salah satu butik papan atas di Beijing yang memajang motif batik.

Djauhari pun juga menyaksikan sendiri bahwa toko-toko di mal itu sudah buka. Bahkan kehidupan di kota itu sudah berangsur normal. “Karena tren penyebaran virus Corona (Covid-19) sekarang mengarah ke positif. Jumlah yang terjangkit semakin berkurang dan yang sembuh sudah di atas 50.000,” jelasnya.

Baca juga:  Program "We Love Bali" Diluncurkan, Ini Agendanya

Ia berharap dengan mulai bangkitnya ekonomi Tiongkok dan adanya instruksi dari Presiden RRT agar pusat-pusat produksi mulai berproduksi lagi akan menggairahkan ekonomi Tiongkok.

Dikutip dari data World Health Organization (WHO) yang dikeluarkan 5 Maret 2020, wabah COVID-19 ini sudah menjangkiti 86 negara termasuk Tiongkok. Pasien mencapai 95.333 orang dengan 2.241 kasus baru. (kmb/balipost)