Petugas melakukan pembersihan di Pantai Kuta. (BP/dok)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Pantai bentangan barat Kabupaten Badung kerap mendapat kiriman sampah. Hampir setiap tahun, pantai-pantai yang ada di wilayah Badung tersebut diserbu sampah kiriman berupa plastik dan kayu.

Terbaru, sampah kiriman ke Pantai Kuta, Seminyak, Kedonganan, Jimbaran dan Pantai Jerman terjadi, Kamis (5/3). Kali ini, sampah didominasi ranting dan kayu gelondongan.

Menurut Koordinator Deteksi Evakuasi Sampah Laut (Desalut) Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Badung Made Gede Dwipayana, sampah kiriman ini diperkirakan berasal dari sejumlah sungai yang ada di Bali. Ia menilai, kayu-kayu tersebut awalnya mengendap di sungai dan kemudian terjadi hujan lalu terbawa arus air.

Baca juga:  Soal Perizinan, Pemprov Bali "Warning" Beach Club di Canggu

Begitu berada di laut terjadi angin barat sehingga sampah terempas dan menepi di sejumlah pantai di bentangan barat Badung. “Untuk itu kami mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai. Buanglah sampah pada tempatnya,” imbuhnya.

Seperti berita sebelumnya, sampah kiriman kembali menyerbu pantai di Kabupaten Badung. Tak hanya di Kuta dan Seminyak, pantai di seluruh bentangan barat seperti Pantai Jimbaran, Pantai Kedonganan dan Pantai Jerman, dihiasi sampah kiriman yang didominasi ranting dan kayu gelondongan.

Baca juga:  PUPR Badung Cek Abrasi Pantai Kuta

Untuk menangani sampah tersebut, pihak DLHK Kabupaten Badung bergerak cepat sejak pagi dengan mengerahkan ratusan petugas dan sejumlah alat berat. (Pramana Wijaya/balipost)

BAGIKAN