Sejumlah bangunan di areal Pura Taman di Sumbermis, Pekutatan, hancur setelah tertimpa pohon beringin. (BP/olo)

NEGARA, BALIPOST.com – Sejumlah bangunan di Pura Taman, Banjar Adat Sumbermis, Desa Pekutatan, tertimpa pohon beringin pada Sabtu (29/2) lalu. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, namun beberapa bangunan seperti bale piasan dan satu palinggih hancur.

Klian Adat Sumbermis, Ketut Murjana, mengatakan pohon beringin berumur ratusan tahun itu roboh pada hari raya Kuningan lalu. “Kejadiannya tepat setelah saya sembahyang Kuningan,” ujarnya, Selasa (3/3).

Reruntuhan pohon tua itu masih memenuhi areal pura. Pangempon telah melaporkan hal ini ke pihak terkait. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jembrana sudah melakukan pembersihan. Rencananya setelah Minggu (9/3) nanti pangempon akan membersihkan areal pura tersebut.

Baca juga:  Kuningan Identik dengan "Jejaitan," Ini Maknanya

Kepala Pelaksana BPBD Jembrana Ketut Eko Susila AP membenarkan tim reaksi cepat diturunkan untuk menindaklanjuti kejadian pohon tumbang tersebut. Pura ini berada di pinggir jalan jurusan Pekutatan menuju Bunut Bolong dan masuk areal Persil (Perkebunan perusda). (Surya Dharma/balipost)