BPBD mengecek bangunan yang amblas karena senderan jebol akibat hujan lebat. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Hujan lebat yang mengguyur wilayah Karangasem, Sabtu (29/2) mengakibatkan senderan rumah warga jebol. Akibatnya, sejumlah bangunan milik warga Banjar Dinas Bale Punduk Kaler, Desa Tegalinggah, Kecamatan Karangasem amblas hingga mengalami kerusakan parah.

Kalak BPBD Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa, mengatakan, sebelum senderan bangunan tergerus, wilayah setempat dan sekitarnya diguyur hujan lebat. Kata dia, kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 17.18 Wita. “Senderan rumah yang jebol milik Nengah Sumantra. Setelah menerima adanya laporan, kita langsung terjunkan sejumlah petugas untuk melakukan penanganan,” ucapnya.

Baca juga:  Tradisi Mejurag Nasi Takepan, Sebagai Wujud Syukur Menjelang Nyepi Desa

Arimbawa mengatakan, senderan bangunan tergerus dengan panjang 25 meter dan tinggi kurang lebih 4 meter. Atas kejadian itu, menyebabkan bangunan kamar mandi, dapur dan garase sepeda motor amblas, motor dan mesin cuci rusak ringan akibat tertimpa material senderan.

Dia menjelaskan, untuk mengantisipasi terjadi longsor susulan, pihaknya telah meminta kepada pemilik rumah untuk sementara pindah ke rumah kerabat atau bangunan yang masih aman. Upaya itu dilakukan, demi keselamatan bagi pemilik rumah.

Baca juga:  Karangasem akan Naikkan Bantuan Banjar Adat dan Desa Adat

Sebab, tidak menutup kemungkinan bangunan lain bisa tergerus bila kembali diguyur hujan lebat karena masih labil. “Kita juga meminta supaya pemilik rumah agar memasang pagar bambu untuk keselamatan anak-anak agar tidak melintas di dekat longsoran,” jelasnya. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN