Akses jalan yang menghubungkan Desa Sangkan Gunung dengan Desa Sidemen jebol akibat diguyur hujan lebat yang membawa banjir bandang. (BP/nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Hujan lebat yang mengguyur wilayah Kabupaten Karangasem memicu tanah longsor dan banjir bandang. Akibatnya, akses jalan penghubung Desa Sangkan Gunung dengan Desa Sidemen, Kecamatan Sidemem, jebol pada Rabu (19/2).

Menurut salah seorang warga, jalan jebol pas saat hari raya Galungan. Sebelumnya hujan lebat mengguyur wilayah Sidemen beberapa jam. “Di bawah badan jalan terdapat terowongan air. Senderan terowongan itu jebol, sehingga badan jalan ikut tergerus,” ujarnya.

Baca juga:  Gunung Agung Kembali Erupsi, Sejumlah Wilayah Terpapar Abu Vulkanik

Camat Sidemen, A.A. Made Agung Surya Jaya, saat dimintai konfirmasinya, Kamis (20/2), mengatakan, jalan jebol pada Rabu (19/2) pagi. Jalan itu merupakan akses yang menghubungkan antara Desa Sangkan Gunung dan Desa Sidemen.

“Saya dapat informasi dari Perbekel Sangkan Gunung. Saya sudah mengecek langsung kondisi jalan yang jebol serta telah melaporkan ke BPBD dan wakil bupati Karangasem,” jelasnya.

Untuk memberikan tanda bahwa akses jalan jebol, di lokasi telah dipasangi paping, kayu dan tali rapia. Itu dilalukan supaya warga yang melintas berhati-hati. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN