Pengendara sepeda motor melintas di jalan Banjar Dukuh, Desa Abang Batudinding, Kintamani, yang tertimbun material bebatuan. (BP/ist)

BANGLI, BALiPOST.com – Akses jalan di Banjar Dukuh, Desa Abang Batudinding, Kintamani, tertimbun material tanah dan bebatuan. Kondisi itu terjadi setelah hujan deras mengguyur wilayah setempat, Rabu (26/2).

Material yang menimbun badan jalan cukup tebal. Saking tebalnya, membuat kendaraan kesulitan melintas. “Mobil yang lewat harus dibantu dengan cara didorong,” ujar Perbekel Desa Abang Batudinding, I Made Diksa, Kamis (27/2).

Untuk menyingkirkan material bebatuan yang menutupi badan jalan, tidak bisa dilakukan dengan cara manual. Oleh karena volume material cukup banyak, dibutuhkan alat berat untuk membersihkannya.

Menurutnya, jalan tersebut merupakan akses utama warga di Banjar Dukuh. Selain itu, sebagai jalur utama menuju Desa Terunyan. “Kami mohon pihak terkait membantu menangani kondisi jalan itu dengan menurunkan alat berat,” katanya.

Baca juga:  Pasca Bencana, Kerusakan Lahan 135.57 Hektar dan Kerugian Mencapai 6 Miliar

Kepala BPBD Kabupaten Bangli I Ketut Gde Wiredana mengaku sudah turun ke lokasi untuk mengecek kondisi jalan yang tertimbun material. ”Alat berat akan diturunkan minggu ini. Tidak urgen sekali, tapi harus ditangani,” jelasnya. (Dayu Swasrina/balipost)