Perajjn ogoh-ogoh sedang mengerjakan pesanan. (BP/edi)

DENPASAR, BALIPOST.com – Jelang Hari Raya Nyepi, perajin ogoh-ogoh mini di Denpasar mulai banjir orderan. Bahkan jumlah orderan bisa naik sampai 100 persen.

Menurut penuturan Wayan Gede Jati Widarma selaku perajin Ogoh-ogoh Mini di Denpasar, sejak awal bulan hingga, Sabtu (22/2), order sudah mencapai 200 unit. Jumlah ini, kata dia, meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya sebanyak 100 unit.

Diakuinya peminat ogoh-ogoh mini masih cukup banyak, terutama anak-anak. “Dibandingkan tahun sebelumnya, order ogoh-ogoh mini terus meningkat,” ujarnya saat ditemui di lokasi pembuatan di Denpasar.

Widarma yang sudah membuat ogoh-ogoh mini sejak 2005 ini, bisa dikatakan sebagai pelopor pembuatan ogoh-ogoh mini. Memang kata dia, saat ini, pembuat ogoh-ogoh mini sudah mulai banyak.

Baca juga:  Korban Bencana Rayakan Nyepi di Pengungsian

Untuk orderan, kata dia, banyak dari perkumpulan-perkumpulan. Untuk bahan, sebagian besar menggunakan styrofoam karena lebih mudah dibentuk. Untuk harga, ogoh-ogoh ukuran kecil mulai harga 100 ribu, dan yang sedang bisa sampai harga Rp 4 juta. (Yudi Karnaedi/balipost)