Obat
Pemberian Obat dan Vitamin A kepada siswa. (BP/dok)

DENPASAR, BALIPOST.com – Februari adalah bulan pemberian vitamin A. Sasarannya, balita atau anak usia 1-5 tahun. Khusus Februari tahun ini, Dinas Kesehatan Provinsi Bali menargetkan 286.547 balita mendapatkan vitamin A. Dari pengalaman sebelumnya, realisasi target pemberian vitamin A di Bali mencapai lebih dari 90 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Bali dr. Ketut Suarjaya, Senin (17/2), mengatakan Bulan Vitamin A dilaksanakan setiap Februari dan Agustus. Untuk Februari ini, sasaran terbanyak di Kota Denpasar sebanyak 69.537 balita.

Baca juga:  Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Bupati Suwirta Tegaskan Guru Harus Kuasai IT

Disusul kemudian Kabupaten Badung sebanyak 46.943 balita, Buleleng sebanyak 44.273 balita, Gianyar 31.531 balita, Karangasem 28.049 balita, Tabanan 22.955 balita, Jembrana sebanyak 17.477 balita, Bangli 14.822 balita dan Kabupaten Klungkung sebanyak 10.960 balita.

Anggaran kegiatan bersumber dari Dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) masing-masing Puskesmas. Sementara untuk vitamin A didatangkan dari pusat. Menurut Suarjaya, jika ada balita yang tidak sempat mendapatkan vitamin A pada Februari ini maka bisa dilakukan di bulan lain.

Baca juga:  Desa Galungan Jadi Pusat Pemberian Kapsul Vitamin A

“Hanya saja nanti tidak masuk dalam capaian kinerja. Tetapi masih bisa mendapatkan vitamin A secara gratis di Puskesmas terdekat. Idealnya anak mendapatkan vitamin A setiap enam bulan sekali,’’ ujar Suarjaya. (Wira Sanjiwani/balipost)

BAGIKAN