Pemberian vitamin bagi balita di Jembrana. pada 2019, ada 21 ribu balita yang mendapatkan vitamin A. (BP/Istimewa)

NEGARA, BALIPOST.com – Pemberian vitamin A bagi Balita tahun 2020 di Jembrana diharapkan tetap menyasar seluruh balita. Seperti 2019, dari data yang dihimpun pemberian acupan vitamin A itu menyasar 21.044 sasaran atau pencapaian hingga 100 persen

Ketua Tim Penggerak PKK Jembrana, Ny Ari Sugianti Artha disela-sela gebyar Bulan Vitamin A dan operasi timbang di Baler Bale Agung, Negara mengharapkan selain pemberian vitamin A, yang tidak kalah penting adalah melakukan upaya preventif untuk mencegah terjadinya penyakit. “Lebih baik mencegah daripada mengobati penyakit. Untuk itu saya minta agar masyarakat terbiasa hidup bersih dan sehat,” ujarnya.

Seperti misalnya, terbiasa mencuci tangan dengan sabun, melakukan gerakan kebersihan mulai dari lingkungan keluarga dan masyarakat dengan cara gotong royong. Pemberian Vitamin A bagi bayi dan balita itu untuk meningkatkan cakupan Vitamin A.

Pelaksanaan pemberian Vitamin A bersamaan dengan bulan penimbangan balita. Dalam setahun, Vitamin A diberikan dua kali bagi tiap balita yaitu Februari dan Agustus. Vitamin A yang diberikan kepada para bayi dan balita itu untuk Vitamin A biru yang mengandung 100.000 IU diberikan kepada bayi usia 6-11 bulan. Sedangkan vitamin A merah untuk anak  usia 12-59 bulan.

“Untuk informasi, Kabupaten Jembrana tahun 2019 pencapaian vitamin A mencapai seratus persen dari sasaran sebanyak 21.044 balita. Sedangkan untuk tahun 2020 yang sedang berjalan ini khususnya kelurahan Baler Bale Agung  pencapaian Vitamin A sudah 93 persen, ” pungkasnya. (Surya Dharma/balipost)

BAGIKAN