ASN Pemkab Tabanan mepatung massal untuk membantu peternak yang mengalami kerugian karena anjloknya harga jual babi. (BP/bit)

TABANAN, BALIPOST.com – Jelang hari raya Galungan, ada yang berbeda di areal Pemkab Tabanan, Senin (17/2). Sejumlah organisasi perangkat daerah tampak disibukkan dengan kegiatan mepatung massal.

Aksi ini dilakukan untuk pertama kalinya, sebagai upaya membantu perekonomian peternak babi di tengah maraknya kasus babi mati di Bali khususnya di Kabupaten Tabanan. Pascamerebaknya kasus ratusan babi mati mendadak, harga babi hidup di tingkat peternak turun drastis.

Bahkan sampai di harga Rp 10 ribu per kilogram untuk babi yang masih sehat. Ini tentu pukulan bagi para peternak, yang semestinya mendapatkan keuntungan jelang hari raya Galungan.

Kabag Humas dan Protokol Setda Tabanan I Ketut Ridia menjelaskan, mepatung massal ini merupakan rangkaian hari raya Galungan sekaligus membantu peternak babi. ‘’Ini memang baru pertama kalinya dilakukan,’’ terangnya. (Puspawati/balipost)