Suasana penyeberangan di Pantai Sanur. (BP/eka)

DENPASAR, BALIPOST.com – Keberadaan pelabuhan lokal di Denpasar berada di Sanur Kaja, Serangan, serta di Pantai Mertasari. Ketiga pelabuhan lokal ini sejak lama telah beroperasi untuk aktivitas penyeberangan ke Nusa Penida, Nusa Lembongan, serta Nusa Ceningan.

Jumlah armada yang ada di masing-masing pelabuhan tersebut berbeda-beda. Untuk Pelabuhan Sanur yang berlokasi di Pantai Matahari Terbit dan Pantai Bali Beach, jumlah armada mencapai 54 unit.

Hal ini ditegaskan Kantor Pelabuhan Kelas II Benoa, Kantor Wilayah Kerja (Kawilker) Sanur, Tonny, Sabtu (8/2). Menurutnya, saat ini armada yang melayani penumpang semua merupakan kapal cepat (cruise).

Tidak ada lagi yang menggunakan jukung. Karena jukung bukan merupakan armada untuk mengangkut penumpang. “Yang kami layani semua kapal cepat. Jukung tidak termasuk armada untuk mengangkut penumpang,” ujarnya.

Baca juga:  Perbukitan di Nusa Penida Terbakar, Puluhan Wisatawan Sempat Terjebak

Terkiat dengan operasionalnya, rata-rata armada di Sanur ini beroperasi mulai pukul 08.00 hingga 16.00. Belum ada penyebrangan malam. Karena itu, operasionalnya hingga sore hari saja. Demikian pula untuk jumlah penumpang tidak menentu.

Terkadang cukup ramai, dan bisa juga sepi. Namun, rata-rata kapal yang beroperasi setiap hari berkisar antara 18 sampai 20 unit saja.

Terkait dengan keselataman penyebrangan, pihaknya selalu berkoordinasi dengan BMKG untuk cuaca serta ketinggian ombak. Bila dinilai masih aman, pihaknya tetap mengoperasikan armada yang menyebrang. “Kami tetap koordinasi masalah cuaca serta ombak untuk menjaga keselataman penyeberangan,” jelasnya. (Asmara Putera/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.