Saya kaget membaca judul tulisan di Bali Post, ‘’Bali Binasa: Di Ambang Kenyataan?’’ Rasanya secara logika tulisan memang ada benarnya, terutama jika dikaitkan dengan permasalahan Bali yang makin menumpuk. Tetapi alangkah baiknya kita segera berbenah untuk menjauh dari situasi seperti yang dirujuk dalam tulisan itu.

Bahwa Bali akan menuju kehancuran mungkin kita sempat pahami bersama-sama dan wacana ini kita anggap sebagai angin lalu. Tetapi ke depan nampaknya kita harus berpikir cerdas dan berkomitmen menjaga alam Bali. Kita tak boleh menjauh dari kenyataan ini dan mestinya bersama-sama menjaga Bali.

Saya berharap dengan adanya berbagai program yang mendukung ajeg Bali, kita segera ikut menyukseskannya. Buat Bali bersih terhindar dari tumpukan sampah plastic, mungkin hal sederhana yang bisa kita lakukan saat ini. Kita juga perlu lebih peduli dengan palemahan Bali dengan menjaganya tetap asri dan harmoni untuk kehidupan. Dan jangan sampai kita larut dengan situasi yang mempercepat kita menuju kehancuran.

Baca juga:  Polres Klungkung Atensi Arus Balik Libur Lebaran

Mari bangkit dan bersama–sama mencari solusi agar kita tak terjebak pada kepentingan-kepentingan jangka pendek dalam mengelola Bali. Kita harus menjaga Bali seperti kita menjaga diri kita, seperti kita menjaga keluarga kita serta mengawal budaya Bali dengan totalitas.

Ni Kadek Purnamiani

Gianyar, Bali

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.