SINGARAJA, BALIPOST.com – Wisata bahari Lovina yang menyuguhkan pemandangan laut dengan lumba-lumba (dolphin) ramai dikunjungi wisatawan domestik maupun asing saat liburan Imlek. Seperti terlihat Minggu (27/1), ratusan wisatawan memadati bibir pantai.

Sekitar pukul 06.00 Wita, nampak wisatawan yang menginap sekitar lokasi pantai menunggu perahu yang akan membawanya ke tengah laut. Di antara mereka, kebanyakan wisatawan China, Eropa, dan domestik.

Dengan naik perahu tradisional nelayan, lima orang hingga 8 orang wisatawan melaju ke tengah laut, ke lokasi lumba- lumba. Jarak tempuhnya mencapai 4 km dari daratan.

Salah satu pemandu wisata, Nyoman Leo, mengaku bahwa hari-hari libur seperti Imlek ini, wisatawan yang datang ke Lovina mengalami peningkatan. Pemandu yang juga keturunan nelayan ini sudah 30 tahun melokoni aktivitas mengantarkan tamu melihat Dolphin.

Baca juga:  Bangunan TPI Yehsumbul Kembali Rusak

Untuk sekali antar, biasanya mendapatkan bayaran 300 ribu hingga 500 ribu. Tergantung jumlah penumpang dan kesepakatan.

Di Lovina, ada 7 kelompok nelayan yang mengantarkan wisatawan ke lokasi lumba-lumba. Satu kelompok jumlahnya mencapai 50 orang. “Hari ini semua perahu berangkat ke laut mengantarkan wisatawan,” katanya.

Sementara itu, di tengah laut berdasarkan hasil pantuan, ada puluhan perahu mengangkut wisatawan yang sedang menunggu munculnya lumba-lumba. Selain dolphin, Lovina juga menawarkan obyek taman laut.

Dengan tambahan Rp 150 ribu, wisatawan setelah melihat lumba-lumba digiring ke lokasi taman laut. Di sana wisatawan bisa  memberikan makan ikan dan wisata menyelam. (Agung Dharmada/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.