Kadek Santika dibantu robot mesin pencuci untuk membersihkan sepeda motor pelanggan. (BP/nan)

AMLAPURA, BALIPSOT.com – Selama ini, layanan pencucian sepeda motor biasanya memakai jasa seseorang. Tetapi berbeda halnya dengan yang dilakukan oleh Kadek Santika. Pria asal Banjar Singar, Desa Nongan, Rendang, Karangasem, ini mencuci motor pelanggannya menggunakan robot mesin pencuci.

Santika menjelaskan, ide awal mempergunakan robot mesin pencuci ini setelah melihat di youtube. Ia selanjutnya mencoba mencari alat ini ke Surabaya, namun tak menemukan penjualnya. Setelah mencari informasi lain, dirinya akhirnya mendapatkan di Bandung, Jawa Barat.

“Saya langsung pesan. Dua bulan kemudian alatnya datang. Harga mesin ini Rp 30 juta,” ucapnya, Senin (13/1). Dijelaskannya, mesin ini bekerja dengan tiga putaran. Langkah pertama membasahi, kedua menyemprotkan busa salju (sabun-red) dan ketiga membilas.

Baca juga:  Kewaspadaan Ditingkatkan, Aparat Keamanan Tak Ingin Kecolongan

Akan tetapi robot mesin pencuci tidak sepenuhnya bisa membersihkan kotoran yang menempel di motor. Untuk itu, Santika dibantu tenaga untuk menggosok sabun, menyikat bagian-bagian bawah yang masih kotor dan memoleskan silikon di motor.

“Dengan memakai mesin ini, saya mampu mengirit waktu sekitar 15 menit, sabun dan air. Tidak perlu lagi merekrut tenaga pembersih atau jasa tukang cuci. Saya bisa sedikit lebih santai,” katanya.

Setelah melihat cara kerja mesin itu, dirinya ingin mencoba merancang sendiri. Tetapi hingga lima kali mencoba, ia tak kunjung berhasil. Sebab, ada beberapa komponen alatnya harus dicari ke Malaysia. (Eka Parananda/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.