Kadek Santika dibantu robot mesin pencuci untuk membersihkan sepeda motor pelanggan. (BP/nan)

AMLAPURA, BALIPSOT.com – Selama ini, layanan pencucian sepeda motor biasanya memakai jasa seseorang. Tetapi berbeda halnya dengan yang dilakukan oleh Kadek Santika. Pria asal Banjar Singar, Desa Nongan, Rendang, Karangasem, ini mencuci motor pelanggannya menggunakan robot mesin pencuci.

Santika menjelaskan, ide awal mempergunakan robot mesin pencuci ini setelah melihat di youtube. Ia selanjutnya mencoba mencari alat ini ke Surabaya, namun tak menemukan penjualnya. Setelah mencari informasi lain, dirinya akhirnya mendapatkan di Bandung, Jawa Barat.

Baca juga:  Tiga Daerah Ini, Kantong Kemiskinan Terbanyak di Bali

“Saya langsung pesan. Dua bulan kemudian alatnya datang. Harga mesin ini Rp 30 juta,” ucapnya, Senin (13/1). Dijelaskannya, mesin ini bekerja dengan tiga putaran. Langkah pertama membasahi, kedua menyemprotkan busa salju (sabun-red) dan ketiga membilas.

Akan tetapi robot mesin pencuci tidak sepenuhnya bisa membersihkan kotoran yang menempel di motor. Untuk itu, Santika dibantu tenaga untuk menggosok sabun, menyikat bagian-bagian bawah yang masih kotor dan memoleskan silikon di motor.

Baca juga:  Kluster COVID-19 Gedung Sate Meluas, Termasuk Sekda Jabar

“Dengan memakai mesin ini, saya mampu mengirit waktu sekitar 15 menit, sabun dan air. Tidak perlu lagi merekrut tenaga pembersih atau jasa tukang cuci. Saya bisa sedikit lebih santai,” katanya.

Setelah melihat cara kerja mesin itu, dirinya ingin mencoba merancang sendiri. Tetapi hingga lima kali mencoba, ia tak kunjung berhasil. Sebab, ada beberapa komponen alatnya harus dicari ke Malaysia. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Foto Selfie Karnaval Kemerdekaan, Hadiahnya Makan Malam Bersama Ridwan Kamil
BAGIKAN

1 KOMENTAR

  1. Mesin begini hati hati. Karena ada pemilik dengan HAK PATEN. Saya dah search Google juga. Org ini pasti search GOOGLE juga.
    Saya awal minat juga tapi kendala uang aja.
    Saya pelajari setiap mesin. Dan mesin seperti ini tidak layak dipakai. Karena inilah banyak kerugian pada Pemakai. Seperti penjelasan Dia diatas.
    Maka itu pilihlah mesin yang benar sesuai fungsinya.
    Search Google aja pasti ada.

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *