Lutfi Zakaria, Industrial Director East Region menerima Anugerah PROPER Emas dari Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin. (BP/Istimewa)

JAKARTA, BALIPOST.com –  Dua pabrik Danone-Aqua kembali menerima dua Anugerah Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan (Proper) kategori Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Untuk periode 2018-2019 ini, Anugerah Proper Emas diraih Pabrik Aqua Mambal, Bali dan Pabrik Aqua Klaten, Jawa Tengah.

Anugerah Proper Emas itu diserahkan pada 8 Januari 2020 oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin kepada perwakilan Pabrik Aqua Mambal Bali dan Pabrik Aqua Klaten di Istana Wapres RI, Jakarta. Selain kategori Emas, pada kesempatan sama, delapan Pabrik Aqua lainnya juga menerima Anugerah Proper Hijau yang diserahkan langsung Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Siti Nurbaya Bakar kepada perwakilan Pabrik Aqua.

Mereka yang memperolehnya adalah Pabrik Aqua Mekarsari, Babakanpari, Subang, Cianjur, Ciherang, Wonosobo, Pandaan, dan Airmadidi. Proper merupakan upaya pemerintah mendorong perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk memiliki ketaatan dalam pengelolaan lingkungan hidup.

Baca juga:  Abai Faktor Lingkungan, Banyak Perusahaan di Tabanan Tak Kantongi Izin Lingkungan

Penghargaan ini diberikan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dengan mengukur kinerja keberlanjutan perusahaan melalui berbagai inisiatif yang telah dilakukan. Peringkat kinerja proper dibedakan menjadi lima warna yaitu Emas, Hijau, Biru, Merah dan Hitam.

Untuk aspek ketaatan minimal adalah Biru, Merah dan Hitam. Sedangkan kriteria penilaian aspek yang masuk kategori lebih dari yang dipersyaratkan (beyond compliance) adalah Hijau dan Emas.

Untuk periode 2018-2019 tercatat sebanyak 2.050 perusahaan dari berbagai sektor industri mengikuti proses penilaian. Penerima Anugerah Proper Emas sebanyak total 26 perusahaan, termasuk Pabrik Aqua Klaten dan Pabrik Aqua Mambal.

Sedangkan penerima Anugerah Proper Hijau untuk periode ini tercatat sebanyak 174 perusahaan dari seluruh Indonesia.
Setiap tahun sejak 2011, pabrik-pabrik di Aqua yang dinominasikan Dinas Lingkungan Hidup setempat telah menjalani serangkaian proses penilaian untuk memastikan ketaatan terhadap peraturan pengelolaan lingkungan hidup.

Baca juga:  Bupati Giri Prasta Tebar 50 Ribu Benih Ikan Nila di Mengwi

Proses itu sekaligus mengukur kinerja inisiatif keberlanjutan yang sudah diimplementasikan perusahaan, baik secara internal maupun eksternal.

Muhammad Azwar, Direktur Water Resources Nature and Process Technology (WRNPT) Danone-Aqua menjelaskan, ‘’Penilaian proper diukur dari penerapan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan dalam proses produksi dan jasa, penerapan sistem manajemen lingkungan, 3R (Reduce, Reuse, Recycle), efisiensi energi, konservasi sumber daya dan pelaksanaan bisnis beretika serta bertanggung jawab terhadap masyarakat melalui program pengembangan masyarakat. Hal itu selaras dengan Visi Danone yaitu One Planet One Health, di mana kami percaya bahwa kesehatan planet kita memiliki keterkaitan erat dengan kesehatan masyarakat.’’

Baca juga:  GoTo Resmi Jadi Perusahaan Tercatat di BEI, Pecahkan Rekor Partisipasi Tertinggi di IPO

Sebagai contoh, Pabrik Aqua Klaten mengembangkan Pusur Institute sebagai kelembagaan pengelola lingkungan yang terintegrasi untuk Sub Daerah Aliran Sungai Pusur. Lembaga ini melibatkan berbagai pemangku kepentingan untuk menjaga Sungai Pusur Lestari.

Sementara di Bali, Pabrik Aqua Mambal mendorong pertanian ramah lingkungan melalui Program Mambal Lestari dan menggerakkan pertanian. Salah satunya mengkader petani-petani muda untuk berkiprah dan tetap produktif sembari menjaga kelestarian alam.

Melalui berbagai inisiatif yang telah dilakukan Danone-Aqua selama ini di berbagai daerah operasionalnya. Tercatat saat ini Danone-Aqua telah berhasil melakukan berbagai upaya konservasi dengan menanam lebih dari 2,5 juta pohon, membangun lebih dari 1.300 sumur resapan, membangun lebih dari 57.000 biopori, serta membangun fasilitas panen hujan. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *