Suasana koordinasi di Polres Badung. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Memasuki musim hujan dan cuaca ekstrem, Polres Badung menggelar rapat dalam rangka persiapan menghadapi bencana alam, Jumat (3/1). Untuk di wilayah Badung, wilayah rawan bencana alam yakni Kecamatan Petang dan Abiansemal.

Kasubbag Humas Polres Badung Iptu Ketut Gede Oka Bawa mengatakan, persiapan personel dan sarana serta prasarana telah dilakukan. Sementara rapat yang dipimpin Kabag Ops Polres Badung Kompol I Wayan Suana, kata Oka Bawa, dihadiri pejabat utama polres dan polsek-polsek. “Bapak Kabag Ops mengimbau kepada personel dan masyarakat mewaspadai curah hujan tinggi disertai petir dan angin kencang. Harus tetap mengantisipasi bencana alam yang datangnya tiba-tiba,” ungkapnya.

Baca juga:  BMKG Ingatkan Waspadai Gelombang Tinggi Capai 6 Meter

Rapat selanjutnya, polres akan mengundang TNI dan instansi terkait. Sedangkan upaya-upaya yang akan dilalukan selanjutnya dalam mengantisipasi bencana, yakni membuat Posko Siaga Bencana Alam Terpadu yang terdiri dari unsur Polri, TNI, BPBD, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, BMKG dan Basarnas, serta membuat grup Whatsapp dengan instansi terkait.

Agar pelaksanaan tugas tersebut lebih efektif dan bisa dirasakan langsung oleh masyarakat, pihaknya akan mapping dulu lokasi rawan bencana alam sehingga bisa dengan mudah melakukan tindakan. Polres Badung dan jajaran akan tetap bekerja sesuai dengan tugas pokok masing-masing seperti personel Sabhara atau Obvit bertugas melaksanakan koordinasi dengan BNPB/BPBD dan Basarnas/Basarda untuk menentukan titik-titik lokasi daerah bencana.

Baca juga:  Antisipasi Peredaran Narkoba di Pelosok Desa, BNNK Badung Gelar P4GN di Petang

Selain itu melaksanakan kegiatan pengaturan, penjagaan, pengawalan dan patroli (Turjawali). “Kalau ada bencana alam di wilayah hukum Polres Badung, diharapkan semua pihak bisa bersinergi dengan baik. Mudah-mudahan hal tersebut (bencana alam) tidak sampai terjadi,” tutupnya. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *