Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose. (BP/rah)

DENPASAR, BALIPOST.com – Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose menggelar jumpa pers akhir tahun 2019, Senin (30/12). Selain menjamin perayaan tahun baru 2020 berlangsung aman, Kapolda membeberkan implementasi Commander Wish-nya dan pengungkapan kasus menonjol terutama berkaitan dengan premanisme.

“Kami sudah melaksanakan video conference dengan Bapak Kapolri dan jajarannya. Saya sebagai yang dituakan atau mengampu kepentingan masalah keamanan di wilayah hukum Polda Bali yakin dan percaya tahun baru akan dilewati dengan baik,” tegas Kapolda Golose.

Menyongsong tahun 2020, menurut Golose, pihaknya akan benar-benar membantu seperti arahan Presiden yaitu terkait investasi terutama di Palau Bali. Sementara arahan Kapolri Jenderal Pol. Idham Aziz dan arahan pejabat utama, agar menjaga simpul-simpul terutama mengantisipasi konflik sosial dan keagamaan.

Pihaknya sudah melaksanakan hal tersebut di Bali. Selain itu, simpul-simpul pengamanan sudah disiapkan bekerja sama dengan seluruh stakeholder yang ada. “Atas kerja sama dengan TNI dan stakeholder yang lain termasuk pecalang, seluruh unsur organsiasi di masyarakat, saya jamin keamanan Pulau Dewata yang kita cintai ini,” ujarnya.

Menurut lulusan Akpol 1988 ini, sampai sekarang tidak ada kejadian menonjol karena sudah diantisipasi terutama soal teror. “Saya yakin dan percaya berkat kerja sama bisa diatasi. Sekali lagi saya sampaikan Polda Bali tidak bisa bekerja sendiri, tapi bersama-sama dengan seluruh stakeholder yang ada. Mudah-mudahan kita tetap membuat Bali aman dan siap dikunjungi wisatawan, baik internasional maupun lokal,” ungkapnya.

Selama 2019, banyak prestasi diraih Polda Bali dan jajarannya merupakan implementasi Commander Wish Kapolda Bali. Prestasi tersebut di antaranya saat memperingati HUT ke-74 RI, Polda berhasil memecahkan rekor Muri atas pembentangan kain putih terpanjang yaitu 1.945 meter di hamparan sawah di Jatiluwih, Tabanan. Kegiatan ini melibatkan 1.700 personel Polri, 8 tokoh agama dan 45 anggota TNI. Selain itu, menggelorakan Garuda Merah Putih di Savana Munduk Cinta Tulamben, Karangasem.

Baca juga:  Presiden Jokowi Direncanakan ke Museum Gunarsa

Dalam menjaga, mengangamankan dan menyukseskan pesta demokrasi, Kapolda melakukan safari terbang menggunakan helikopter mengunjungi semua kabupaten dalam sehari. Alhasil terwujud pemilihan Gubernur Bali tanpa intervensi.

Terkait kasus narkoba, pihaknya berhasil menekan karena untuk menghilangkan sangat sulit. Berkat kerja kerasnya selama ini, bisa ditekan dari tahun sebelumnya. Tahun 2019 sebanyak 784 kasus narkoba dengan 924 tersangka. Penyalahguna asal Bali bisa ditekan menjadi 377, pelaku luar Bali 493 orang dan 54 orang asing.

Irjen Golose juga menegaskan tetap konsisten tidak memberi ruang bagi organized crime (premanisme) dalam bentuk apa pun. Upaya yang dilakukan melaksanakan mapping wilayah rawan premanisme. Selanjutnya mendata pelaku premanisme bekerja sama dengan instansi terkait seperti Satpol PP dan pecalang, melakukan penanganan dan penindakan.

Selama 2019, Polda Bali dan jajaran menindak 65 preman dan membina 899 orang.
“Terkait terorisme dan radikalisme, kami membentuk tim khusus. Menangkap pelaku jaringan penikaman Menkopolhukam,” ujarnya.

Puncaknya, menurut Golose, diresmikannya Museum Penanggulangan Terorisme. Tujuannya, mengenang yang telah dilakukan penegak hukum, Satgas Antiteror seperti Densus 88, BNPT, polda dan seluruh stakeholder lain yang telah bekerja keras memberantas dan menanggulangi terorisme di Indonesia.

Museum ini juga bisa mengedukasi masyarakat tentang teknologi criminal justice process agar perlawanan bersama menghadapi teroris. “Di Indonesia baru pertama kali memiliki
Museum Penanggulangan Terorisme. Tahun ini kami juga mengungkap banyak kasus mafia tanah termasuk menangkap mantan Wakil Gubernur Bali (Ketut Sudikerta-red),” paparnya. (Kertanegara/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.