DENPASAR, BALIPOST.com – Saat ini sebagian besar orang memiliki mobil pribadi. Entah itu mobil baru maupun mobil bekas.

Kehadiran mobil sebagai kendaraan operasional tentunya akan memudahkan orang ketika hendak pergi ke mana saja dan kapan saja. Namun, ternyata membeli mobil baru bukan perkara yang mudah.

Perhatikan beberapa hal dari Swara Tunaiku ini agar tak menyesal di kemudian hari.

1. Jangan Tergiur dengan Harga

Hal terpenting yang perlu Anda lakukan adalah jangan mudah tergiur dengan harga. Pastikan untuk menyesuaikan model kendaraan yang hendak dibeli dengan kondisi finansial Anda.

Jangan pernah memaksakan untuk membeli kendaraan dengan harga pas atau mepet dengan anggaran yang Anda miliki. Mengapa harus demikian?

Sebab ada banyak faktor lain yang perlu Anda perhatikan. Nantinya akan ada banyak sekali pengeluaran yang akan membuat Anda kaget.

Contohnya saja cicilan bulanan, pajak tahunan, hingga biaya servis secara berkala. Untuk itu ada baiknya Anda memilih mobil dengan model yang tidak akan membuat Anda menyesal di kemudian hari.

2. Jenis Pembayaran yang Ditawarkan

Jika Anda mengalami kondisi di atas dan enggan untuk mengganti kendaraan dengan model yang baru, ada baiknya Anda membeli mobil yang mampu menawarkan fasilitas kredit. Tak ada salahnya membeli mobil baru jika semua anggaran dapat tertangani.

Membeli mobil secara kredit memang dapat membantu mengatur berbagai keperluan lainnya agar tak keteteran. Bagi Anda yang berkeinginan membeli mobil secara kredit, pastikan Anda tahu terlebih dahulu berapa harga mobil yang ditawarkan untuk menentukan berapa besarnya uang muka yang akan dibayarkan.

Biasanya besarnya uang muka minimal 20% dari harga mobil yang dibeli. Selain itu pastikan jika besarnya cicilan tak lebih dari 30% dari keseluruhan gaji Anda.

3. Pilih Dealer yang Tepercaya

Baca juga:  Ingin Klaim Asuransi Rumah? Perhatikan Syarat dan Prosesnya!

Saat ini sudah ada banyak sekali dealer yang mampu memberikan berbagai manfaat tambahan. Untuk itu pastikan Anda melakukan pengecekan dengan benar.

Jangan lupa untuk membandingkan harga dari dealer satu dengan dealer yang lainnya. Jika hendak membeli mobil secara kredit pastikan jika lembaga keuangan tersebut memang aman dan tepercaya.

4. Layanan Purna Jual

Hal yang tak kalah penting untuk Anda perhatikan sebelum membeli mobil bari adalah layanan purna jual dari unit yang Anda beli. Berpikir harga jual yang bagus ketika hendak membeli mobil memang wajar dilakukan.

Bahkan hal ini penting dipertimbangkan. Pastikan jika unit mobil yang Anda beli memang memiliki harga yang pantas ketika hendak dijual kembali.

5. Lakukan Uji Pengendaraan

Jangan lupa untuk melakukan uji pengendaraan. Hal ini bertujuan agar Anda merasakan dan mengetahui performa mobil yang hendak dibeli.

Tak hanya itu, cara ini juga bisa membantu meyakinkan Anda jika mobil tersebut memang sesuai dengan keinginan. Dengan melakukan test drive, Anda juga bisa mengetahui fitur apa saja yang diusung pada mobil tersebut.

6. Asuransi Kendaraan

Bagi Anda yang hendak beli mobil secara kredit, tak ada salahnya lengkapi dengan asuransi kendaraan. Hal ini cukup bijak dilakukan demi menghindari berbagai hal yang tak diinginkan.

Asuransi kendaraan juga akan membantu menjaga keuangan Anda agar tetap stabil. Sebab asuransi kendaraan akan mengurangi berbagai pengeluaran yang tak terduga.

Membeli mobil baru memang tak semudah yang dibayangkan. Ada banyak sekali hal yang perlu Anda pertimbangkan agar tak menyesal di kemudian hari.

Terlebih, bagi Anda yang hendak membeli mobil secara kredit. Pastikan Anda perhatikan beberapa tips di atas agar mendapatkan unit mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi finansial Anda. (kmb/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.