Giri Prasta menghadiri puncak perayaan HUT ke-45 ST. Sekar Jepun. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta hadiri puncak perayaan HUT ke-45 ST. Sekar Jepun yang di Banjar sekarmukti Pundung, Desa Pangsan, Kecamatan Petang, Sabtu (19/10). Dalam sambutannya, Bupati Giri Prasta mengajak sekaa teruna dan masyarakat Desa Pangsan untuk bersatu mewujudkan Desa Wisata di Pangsan.

Desa Wisata merupakan home basenya, dari beberapa wisata yang dikembangkan di desa seperti agro wisata, eko wisata, culture wisata dan health wisata. Dicontohkan, pengembangan desa wisata yang ada Pangsan ini, rumah penduduk akan dijadikan beberapa kamar setara dengan kamar hotel bintang 5. “Wisatawan dapat menginap di rumah penduduk dan pembayarannya langsung kepada pemilik rumah dan akan menguntungkan masyarakat itu sendiri,” jelasnya.

Bupati Giri Prasta juga sangat mengapresiasi perayaan HUT ST. Sekar Jepun ini yang menunjukan sekaa teruna dan masyarakat Banjar Sekarmuti Pundung sudah bersatu dan saling gotong royong. “Saya harap sekaa teruna tetap bersatu, dengan bersatu berarti setengah perjuangan kita sudah berhasil, jika tidak bersatu setengah perjuangan akan gagal. Dan saya siap membantu kebutuhan sekaa teruna disini, ” jelasnya.

Ia mengajak sekaa teruna untuk menghindari pengaruh obat-obat terlarang yang dapat merusak diri generasi muda sebagai penerus bangsa. Di samping itu Bupati juga memaparkan program-program untuk meringankan beban masyarakat diantaranya kebutuhan Pribadi dan Komunal.

Kebutuhan pribadi masyarakat Badung seperti Kesehatan Gratis, Pendidikan Gratis, PBB Gratis sedangkan kebutuhan Komunal seperti Pengeluaran (peson- peson) Upakara, Upacara, Perbaikan Pura, Balai Banjar dan lainnya. “Itu yang kami bantu sehingga ekonomi masyarakat Badung meningkat dan astungkara kemiskinan akan turun sampai nol persen. Untuk menuntaskan semua itu pemimpin harus komitmen,” ungkapnya.

Baca juga:  Bupati dan Wakil Bupati Badung Tinjau Tiga Proyek Fisik

Ditambahkan program Pemkab Badung juga memberikan tanggungan lahir, hidup dan mati kepada masyarakat Badung.

Ketua Sekaa Teruna Sekar Jepun Pande Wayan Artha Pradana mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bupati Badung karena bisa hadir ditengah-tengah puncak perayaan HUT Sekaa Teruna dan seluruh Sekaa Teruna Sekar Jepun siap mendukung program Pemerintah Kabupaten Badung. Ditambahkan kegiatan Sekaa Teruna Sekar Jepun setiap sebelum hari purnama melaksanakan kegiatan mereresik di pura, utamaning mandala, madya dan sor ring mandala.

Turut mendampingi Bupati, Anggota DPRD Kabupaten Badung I Gusti Lanang Umbara dan I Gusti Agung Ayu Inda Trimafo Yudha, Kabag Humas Setda Badung Made Suardita, Camat Petang I Gede Eka Sudarwitha beserta Unsur Tripika Kecamatan, Perbekel Desa Pangsan I Nyoman Raka Tri Sukarya, Bendesa Adat Pangsan Ida Bagus Surya Dharma, dan beserta Sekaa Teruna dan para tokoh masyarakat lainnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati menyerahkan bantuan sebesar Rp 24 juta, secara pribadi Bupati Giri Prasta membantu dana motivasi sebesar Rp 12 juta, Anggota DPRD Badung I Gusti Lanang Umbara sebesar Rp 2 juta, I Gst. Agung Ayu Inda Trimafo Yudha sebesar Rp 2 juta, dan Pemerintah Desa Pangsan sebesar Rp 15 juta. (Adv/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.