Bupati Giri Prasta saat menghadiri HUT ke-41 Sekaa Teruna Tri Eka Dharma Shanti, Banjar Tangkeban, Desa Adat Cemagi, Kecamatan Mengwi, Selasa (12/3). (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta menghadiri perayaan HUT ke-41 Sekaa Teruna Tri Eka Dharma Shanti, Banjar Tangkeban, Desa Adat Cemagi, Kecamatan Mengwi, Badung, Selasa (12/3). Turut hadir dalam kesempatan ini, anggota DPRD Badung, I Wayan Edy Sanjaya, Camat Mengwi, I Nyoman Suhartana serta unsur Tripika Kecamatan Mengwi, Perbekel Desa Cemagi, I Putu Hendra Sastrawan, kelian dinas se-Desa Cemagi, Bendesa Adat Cemagi, I Ketut Karpiana, serta tokoh masyarakat setempat.

Perayaan HUT ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Giri Prasta yang diserahkan kepada Ketua Sekaa Teruna Tri Eka Dharma Shanti. Sebagai wujud dukungan atas pelaksanaan kegiatan tersebut, Giri Prasta memberikan juga dana motivasi kepada sekaa teruna sebesar Rp25 juta.

Baca juga:  Gedung Lantas Polres Badung Disebut Termegah Se-Indonesia, Segini Dana Pembangunannya

Bupati Giri Prasta dalam sambutannya mengajak masyarakat semua ngastiti bakti kepada Ida Hyang Widhi Wasa, agar selalu diberikan anugerah dalam melaksanakan swadharma. Ia juga selalu mengingatkan agar setiap kegiatan, masyarakat selalu bersatu, karena hanya dengan bersatu setengah perjuangan akan berhasil. Begitupun sebaliknya, jika tidak bersatu maka setengah perjuangan akan gagal. Pihaknya juga berharap agar sekaa teruna tidak terjerumus ke hal-hal yang bersifat negatif seperti narkoba, pergaulan bebas, mabuk-mabukan, dan mengganggu ketertiban umum.

Lebih lanjut, rasa bangga terucap oleh Bupati Giri Prasta karena sekaa teruna sudah mengedepankan konsep Tri Hita Karana. “Jika seperti saya selaku bupati dalam menjalankan konsep Tri Hita Karana itu adalah dalam hubungan manusia dengan Tuhannya dimana pura saya bantu sepenuhnya, seperti dalam pujawali panca yadnya diberi dana dan restorasi pura dibantu. Hubungan manusia dengan manusia yaitu dengan PBB gratis, kesehatan gratis, pendidikan gratis. Dan terakhir, hubungan manusia dengan lingkungan dengan melaksanakan Gertak Badung Bersih sudah saya menjalankan Tri Hita Karana, otomatis Hyang Widhi Wasa sayang sama Pak Giri,” jelasnya seraya mengucapkan selamat ulang tahun kepada ST Tri Eka Dharma Shanti dan berharap mereka semakin kompak dan jaya.

Baca juga:  Bupati Giri Prasta Kunjungi Pengolahan Sampah Tong Komposter di Desa Sibang Kaja

Sementara itu, Ketua Panitia Hut Sekaa Teruna, I Putu Roy Teja Kusuma menyampaikan terima kasih atas kehadiran Bupati Badung bersama undangan lainnya dalam kegiatan perayaan HUT. “Perayaan HUT ini mengusung tema “Tri Eka Dharma Shanti” yang berarti tiga paiketan bersatu menjadi satu melaksanakan kebenaran agar hidup damai, tenteram, dan bahagia, tentunya berpedoman dengan visi dari Bapak Bupati Badung demi melanjutkan kebahagiaan masyarakat badung melalui pembangunan yang berlandaskan Tri Hita Karana,” katanya.

Baca juga:  Segini Usulan Badung Yang Terima BPUM ke Pusat

Adapun tiga kegiatan yang dilaksanakan adalah yang meliputi parahyangan (hubungan manusia dengan Tuhan) dengan persembahyangan bersama, palemahan (hubungan manusia dengan alam) dilaksanakan kegiatan bersih-bersih pantai dan di lingkungan Banjar Tangkeban serta melaksanakan sosialisasi terkait program TPS3R Desa Cemagi, dan yang ketiga pawongan (hubungan manusia dengan manusia) dengan melaksanakan pengembangan program olahraga dan budaya. (Adv/balipost)

BAGIKAN