MANGUPURA, BALIPOST.com – Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta melaksanakan Evaluasi Gerakan Serentak (Gertak) Badung Bersih Tahap ke III saat Krida bersama, di Lapangan Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung Manguraja Mandala, Jumat (18/10). Acara dirangkaikan dengan penyerahan Trophy Penghargaan Top 45 oleh Bupati Giri Prasta atas prestasi yang diraih dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik) Tahun 2019 Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB).

Penghargaan diserahkan kepada Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kabupaten Badung I Wayan Suambara dengan inovasi FishGo dan kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) Kabupaten Badung I Putu Eka Merthawan dengan inovasi Batik.

Dalam arahannya, Bupati menginginkan program Gertak Badung Bersih agar terus berlanjut secara berkesinambungan, dengan meningkatkan peran ASN sebagai duta Kabupaten Badung untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar sadar dan peduli terhadap lingkungan. Bupati juga menegaskan ingin menjadikan program Gerakan Serentak Badung Bersih ini menjadi Legacy (warisan) yang akan dinikmati oleh generasi penerus di Kabupaten Badung.

Lebih lanjut Bupati Giri Prasta menyampaikan terimakasih kepada seluruh pegawai Pemkab Badung yang telah melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai abdi negara dalam kaitannya dengan program Pemerintah Kabupaten Badung. “Terima kasih yang setulus-tulusnya saya ucapkan kepada seluruh Pegawai Pemkab Badung atas peran sertanya dalam mensukseskan program Gerakan Serentak Badung Bersih, dimana program ini juga sudah menjadi pertimbangan Nasional dari 508 Kabupaten/Kota dan 34 Provinsi se-Indonesia baru Kabupaten Badung yang bisa melaksanakan Gertak dengan tuntas,” terang Bupati Giri Prasta.

Selanjutnya berbicara tentang PPNSB, program ini sudah masuk kepada Pro Environtment yaitu keberpihakan Pemerintah Kabupaten Badung terhadap lingkungan. “Ini merupakan salah satu contoh bahwa pegawai Pemkab Badung telah menunaikan tugas dengan baik, maka satu kata, Kita Luar Biasa,” ujar Bupati Giri Prasta.

Di sisi lain Bupati juga memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Balitbang dan DLHK Kabupaten Badung yang telah menorehkan prestasinya di kancah Nasional melalui dua inovasi yang mendapatkan penghargaan Top 45 dalam kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik) Tahun 2019. Diharapkan dua inovasi ini menjadi kebanggan Kabupaten Badung karena akan mewakili Indonesia tahun 2020 di ajang UNPSA 2020. “Kami berharap dua inovasi ini menjadi vibrasi utama memunculkan konsep Badung sebagai Kabupaten yang inovatif dan semoga Gertak menjadi kebanggan Badung, Nasional bahkan Dunia,” harapnya.

Baca juga:  Bahas RUU Provinsi Bali, Gubernur Koster Lakukan Koordinasi dengan Kepala Daerah Kabupaten/Kota dari PDIP

Sementara itu Kadis LHK I Putu Eka Merthawan selaku fasilitator Gertak Badung Bersih dalam laporannya mengatakan, Progress Gertak ke III yang telah dilaksanakan pada 4 Oktober mengalami perkembangan yang signifikan. Ini dilihat dari antusiasme serta kehadiran masyarakat yang jauh meningkat mencapai 45 ribu peserta. “Ini menunjukan kenaikan yang signifikan dari Gertak periode ke II,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan untuk pelaksanan Gertak ke III tetap mengacu pada dasar Gertak yang pertama yaitu Gertak Badung Bersih dan Hijau dengan output jelas yaitu tahun 2019 Badung mempunyai 1000 bank sampah dan tahun 2020 Badung mempunyai 62 TPS 3R yang tersebar diseluruh Desa dan Kelurahan sehingga tahun 2021 Kabupaten Badung sudah mandiri dalam pengolahan sampah.

Kadis LHK atas nama perangkat yang memperoleh penghargaan Top 45 juga mengucapkan terimakasih kepada Bupati Badung, Wakil Bupati, Sekda, Asisten serta seluruh staf Pemda Badung yang telah mendukung program ini.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan hadiah pemenang video dan foto Gertak Tahap ke III kepada OPD yang telah dilaksanakan pada tanggal 4 Oktober lalu.Pemenang lomba video Gertak Badung Bersih tahap ke III, Juara I diraih oleh Bappeda dengan lokasi area aliran sungai subak Desa Sobangan Br. Selat.

Juara II diraih oleh Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja dengan lokasi wilayah Br. Telanga, Br. Taman dan Br. Tengah. Juara III diraih oleh Sat Pol PP dengan lokasi seputaran pasar senggol Desa Adat Gerana.

Sedangkan untuk pemenang lomba foto Gertak, Juara I diraih oleh Dinas Kesehatan dengan lokasi saluran Subak Sukajiwa dan Subak Bukti Batan Badung, Juara II diraih Bappeda dengan lokasi area aliran sungai subak Sobangan Br. Selat, Juara III RSD Mangusada dengan lokasi disepanjang aliran sungai lingkungan Titih, Lingkungan Peken Baleran, Lingkungan Peken Delodan, Lingkungan Muncan dan Tambak Sari.
Hadir mendampingi dalam kesempatan tersebut Wabup. Suiasa, Sekda Adi Arnawa, Para Asisten Pemkab Badung dan jajaran Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah serta karyawan karyawati Pemkab Badung. (Adv/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.