Suasana di Pantai Crystal Bay. (BP/gik)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Pemkab Klungkung cukup gencar melobi sejumlah kementerian untuk merebut potensi anggaran yang bisa dimanfaat untuk membangun daerah. Salah satunya pada Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK).

Di sini, Pemkab melihat peluang untuk pengembangan kawasan pedesaan, Klungkung menjadi prioritas nasional. Sebagai tindak lanjut hasil lobi pemkab, pihak Kemenko PMK, turun langsung ke wilayah Kepulauan Nusa Penida, Selasa (8/10) untuk melihat realitas potensi destinasi wisata ini dari dekat.

Deputi Kemenko PMK Sonny Harry B Harmadi, setelah tiba di Nusa Penida langsung menyasar Pantai Crystal Bay, salah satu objek wisata favorit di Nusa Penida. Melihat arah pembangunan daerah yang cukup gencar mengembangkan sektor pariwisata, Harmadi menegaskan akan meneruskan komitmen kuat ini dengan melakukan koordinasi ke Kementerian Pariwisata dan Kementerian Desa untuk mengembangkan desa wisata di Nusa Penida menjadi prioritas nasional. “Setelah melihat wisatawan pada objek wisata Crystal Bay, desa-desa yang ada di Nusa Penida tentu dapat menjadi contoh dan dapat dikembangkan menjadi salah satu prioritas desa wisata di Indonesia,” tegasnya.

Baca juga:  Suastini Koster: Tanah Air Harus Dibela

Satu hal yang membedakan pengembangan desa menuju desa wisata, menurutnya adalah peran aktif desa adat dalam membantu pengembangan pariwisata di Bali. Inilah yang diharapkan dapat menjadi contoh bagi desa wisata lain di Indonesia.

Sehingga, desa wisata itu menjadi kuat dan semua komponen masyarakatnya bergerak. Apalagi, setelah Klungkung menyatakan siap menjadi bagian dalam pengembangan Kawasan Pedesaan Prioritas Nasional (KPPN), apabila berhasil lolos, Klungkung akan memperoleh banyak program dari kementerian dan lembaga setingkat lainnya.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan siap melakukan koordinasi lebih jauh dengan Kemenko PMK maupun kementerian di bawahnya. Pariwisata Nusa Penida dikatakan sedang bangkit, ini menjadi salah satu opsi membuka lapangan kerja dan mensejahterakan masyarakat setempat.

Lobi-lobinya ke sejumlah kementrian ini, agar pusat melirik Klungkung khususnya Nusa Penida yang sedang serius berbenah. Menjadi bagian dari KPPN adalah salah satu tujuan terbesarnya. Karena ini akan memberi imbas besar pada pembangunan di daerah. (Bagiarta/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.