Petugas Damkar Klngkung berjibaku memadamkan api di Bukit Belong, Desa Gunaksa, Kecamatan Dawan. (BP/gik)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Bukit Belong, Desa Gunaksa, Kecamatan Dawan, terbakar, Selasa (10/9). Asap tebal terus mengepul dari atas bukit, membuat warga sekitar bergegas menghubungi Petugas Pemadam Kebakaran guna melakukan penanganan. Begitu tiba di TKP, petugas cukup kewalahan memadamkan api, karena tiupan angin yang begitu kencang, memicu api cepat meluas menjalar ke bagian lainnya.

Kasat Pol PP dan Damkar Klungkung Putu Suarta saat dimintai konfirmasinya mengatakan, setelah sumber titik awal api didekati petugas, kepulan asap tebal berasal dari ilalang di perbukitan. Tidak jelas penyebab kebakaran tersebut, di lokasi cukup sepi karena jauh dari permukiman. Hanya, di sekitar lokasi ada sekolah, khususnya di Jalan Buayang ke utara menuju SMPN 2 Dawan.

Baca juga:  Berpotensi Likuifaksi

Sejak menerima laporan kebakaran sekitar pukul 10.00 Wita, upaya pemadaman kebakaran ilalang seluas sekitar 1 hektar tersebut baru bisa dipadamkan sekitar dua jam kemudian. Petugas kesulitan karena angin kencang memicu kebakaran meluas melahap ilalang kering di TKP. Petugas Damkar harus turun mengerahkan dua mobil damkar. Usai melakukan pemadaman, petugas Damkar memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Suarta minta warga sekitar agar waspada terhadap cuaca kemarau panjang. Jangan sampai sembarangan membuang sumber api di areal luas yang penuh dengan bahan atau ilalang kering. Ini sebagai antisipasi agar tidak terjadi kebakaran serupa yang disebabkan kebiasaan yang membahayakan lingkungan. (Bagiarta/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.