Aktivitas di Bandara Ngurah Rai, Bali. (BP/dok)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Selama periode Januari-Agustus 2019, jumlah penumpang dari rute internasional yang melalui Bandara Ngurah Rai, masih mendominasi dibandingkan penumpang domestik. Yakni sebanyak 9.116.229 penumpang, sementara domestik mencapai 6.603.528 penumpang.

Menurut General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai – Bali, Herry A.Y. Sikado, untuk jumlah penumpang rute domestik selama Januari hingga Agustus tahun ini masih mengalami penurunan dibanding dengan jumlah penumpang di periode yang sama di tahun lalu. Pada 2018, jumlah penumpang domestik sebanyak 7.367.260 penumpang.

Jika dilakukan komparasi dengan catatan di periode yang sama di tahun ini, terdapat penurunan sebesar 11 persen. Hal yang sama, kata Herry, turut terjadi pada pencatatan pergerakan pesawat udara.

Jumlah pergerakan di periode Januari-Agustus 2019 sebanyak 101.569 pergerakan. Ini, menurun sebesar 5 persen dibandingkan tahun lalu, dengan jumlah 107.338 pergerakan pesawat yang terlayani. “Memang benar telah terjadi penurunan jumlah pergerakan pesawat dan jumlah penumpang di rute domestik di periode Januari-Agustus 2019 dibanding dengan periode yang sama di tahun lalu. Namun demikian, penurunan ini tidak terlalu berdampak buruk pada operasional bandar udara, karena hal ini diimbangi dengan jumlah penumpang dan jumlah pergerakan pesawat pada rute internasional yang tercatat stabil, dan bahkan meningkat di tahun ini,” ucapnya.

Baca juga:  Baru Dibuka Usai Nyepi, Begini Kondisi di Pelabuhan Ketapang

Lain halnya dengan rute internasional. Jumlah penumpang rute ini selama 2019 mengalami pertumbuhan yang sangat positif, yaitu mencapai 10 persen. Hal ini tentunya merupakan dampak berantai dari maraknya maskapai yang membuka rute internasional selama tahun ini.

Meski demikian, secara keseluruhan, selama delapan bulan terakhir di 2019, total penumpang melalui Bandara Ngurah Rai sebanyak 15.719.757 orang. Jumlah ini, meningkat dibandingkan periode sama 2018. Tahun lalu, jumlah penumpang yang tercatat keluar masuk Pulau Bali sebanyak 15.640.887 penumpang.

Dengan perbandingan tersebut, jumlah penumpang selama periode Januari-Agustus 2019 mengalami pertumbuhan sebanyak 78.870 penumpang. Atau tumbuh sebesar 0,5 persen dibanding dengan periode pencatatan yang sama di 2018. “Perlahan tapi pasti, jumlah penumpang di tahun 2019 ini mulai kembali mengalami pertumbuhan dibandingkan dengan catatan di tahun 2018 lalu. Tentunya hal ini merupakan catatan yang cukup positif di tengah tahun 2019 ini,” katanya. (Yudi Karnaedi/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.