Kasdim 1611/Badung Mayor Inf. Arianto menanam bibit pohon di seputaran lapangan umum Banjar Gria, Desa Ayunan, Kecamatan Abiansemal, Badung. (BP/ist)(ist)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Walau disibukkan dengan tugas pokok, Kodim 1611/Badung juga peduli kelestarian lingkungan. Jumat (23/8), penghijauan dengan menanam 1.400 bibit pohon dilakukan di Subak Sarwapala dan seputaran lapangan umum Banjar Gria, Desa Ayunan, Kecamatan Abiansemal, Badung.

Kegiatan cinta alam tersebut melibatkan anggota Polri, aparat desa, mahasiswa, pelajar, dan warga setempat. Bibit pohon yang ditanam meliputi cendana, cempaka, mahoni, majegahu, dan sawo kecik.

Kasdim 1611/Badung Mayor Inf. Arianto didampingi Pasiter Kapten Inf. Wayan Suara mengatakan, kegiatan penghijauan tersebut melibatkan 300 orang. “Tema kegiatan ini adalah bersama hijaukan kembali bumi Indonesia sebagai wujud kepedulian demi masa depan generasi penerus bangsa,” ungkapnya.

Kasdim saat membacakan sambutan Dandim menyampaikan, kegiatan penghijauan ini merupakan Program Kodim 1611/Badung. Selain itu, dalam rangka mewujudkan kepedulian dan kesungguhan untuk ikut bersama-sama pemerintah daerah berperan dalam mewujudkan kehidupan yang adil dan makmur bagi rakyat tanpa harus menimbulkan kerusakan lingkungan. Kegiatan ini juga sesuai dengan program pembangunan berkelanjutan dengan konsep pembangunan berwawasan lingkungan. “Di samping itu pula, pohon yang ditanam pada dasarnya dapat menyerap air hujan,” ujarnya.

Baca juga:  Diserang Tungro, Petani Subak Anggungan Mengwi Terancam Gagal Panen

Banyaknya pepohonan nantinya akan menjadikan Desa Ayunan sebagai daerah persediaan air tanah yang dapat memenuhi kehidupan manusia dan makhluk lainnya, termasuk mendukung program daerah wisata ke depannya. “Semoga apa yang kami lakukan ini bermanfaat bagi masyarakat setempat dan Bali, terutama mewujudkan lingkungan yang hijau,” ucap Kapten Suara. (Ngurah Kertanegara/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.