Ilustrasi. (BP/Dokumen Swara Tunaiku)

DENPASAR, BALIPOST.com – Semakin hari perkembangan teknologi semakin canggih hingga sekarang ini disebut sebagai era digital. Hampir segala aspek hidup sekarang berkaitan dengan digital, termasuk dalam berbisnis.

Anda harus bisa mengikuti zaman untuk bisa bertahan dalam dunia bisnis. Berikut tips dari Swara Tunaiku yang bisa Anda lakukan!

1. Manfaatkan Kecanggihan Teknologi

Sekarang ini, sudah banyak teknologi yang bisa kita manfaatkan untuk keperluan bisnis, seperti aplikasi atau software. Berbagai macam aplikasi dan software bisa kita gunakan untuk membantu setiap aktivitas bisnis, seperti aplikasi untuk kasir, manajemen keuangan, toko online, dan lain sebagainya.

2. Menggunakan Asisten Virtual

Memiliki suatu bisnis bukanlah hal yang mudah, terlebih Anda yang baru memulai bisnis atau seorang solopreneur, maka kita harus memiliki layanan administrasi yang tepat. Untuk membantu dalam hal ini, Anda bisa menggunakan asisten virtual, misalnya untuk layanan terkait kontrak kerja sama.

3. Berikan Pelayanan Terbaik

Keberadaan digital memang tidak bisa dipisahkan dalam dunia bisnis, khususnya dalam pemberian pelayanan. Misalnya, perusahaan startup di bidang e-commerce. Penggunaan teknologi membuat mereka dapat memberikan respons lebih cepat dan mudah terhadap calon pembeli sehingga hubungan menjadi dekat.

4. Atur Segala Agenda dengan Kalender Google

Sebagai seorang pebisnis, tentunya banyak hal yang harus Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis. Saking banyaknya, terkadang kita pun dibuat lupa. Untuk menghindari hal ini terjadi, Anda bisa menggunakan kalender Google di mana Anda bisa membuat berbagai agenda dengan waktu yang bisa dijadikan alarm di ponsel.

5. Manfaatkan Media Sosial

Hampir setiap orang memiliki akun media sosial, bahkan satu orang bisa memiliki beberapa akun. Hal inilah yang membuat media sosial menjadi pasar yang berpotensi dalam bisnis. Sekarang ini, media sosial yang tengah digandrungi adalah Instagram, Twitter, Facebook, Line dan masih banyak lagi.

Baca juga:  Kenali Bahaya Erupsi Gunung Agung, Ini Tips Menghadapinya

Media sosial bisa dijadikan media pemasaran yang efektif dan efisien, bahkan Anda tidak perlu mengeluarkan biaya asalkan memiliki akun sendiri. Promosi akan lebih efektif jika Anda menggunakan jasa promosi pada media sosial tersebut. Hanya saja, Anda harus menyiapkan dananya terlebih dahulu.

6. Manfaatkan Content Marketing

Sekarang ini banyak toko online yang menambahkan konten dalam situsnya. Hal ini merupakan cara untuk bisa menempati posisi pertama dalam hasil pencarian sehingga peluang untuk mendapatkan pembeli menjadi lebih besar. Untuk itu, Anda bisa membuat konten menarik untuk promosi, seperti video, artikel, atau gambar.

7. Gunakan Digital Marketing

Digital marketing menjadi cara pemasaran yang paling menguntungkan untuk zaman sekarang. Tidak ada salahnya jika Anda menggunakan jasa agency dalam berbisnis sehingga pemasaran melalui digital menjadi lebih mudah dan tepat sasaran.

8. Mobile Friendly

Sekarang ini, banyak orang yang menggunakan smartphone mereka untuk menjelajahi berbagai hal di internet. Bagi yang ingin melakukan pemasaran secara digital, Anda harus memastikan bahwa situs Anda mobile friendly untuk memudahkan para pengunjung mencari berbagai informasi atau produk dalam bisnis Anda.

9. Buatlah Inovasi

Zaman terus berkembang dan mengalami perubahan, begitu juga bisnis Anda yang seharusnya mengikuti perubahan zaman juga jika ingin diterima oleh banyak masyarakat. Oleh karena itu, inovasi-inovasi perlu Anda lakukan untuk menarik minat para customer dan membuat bisnis Anda menjadi lebih unggul daripada kompetitor.

Demikian informasi mengenai trik jitu berbisnis di era digital yang bisa Anda lakukan. Persaingan bisnis yang semakin ketat membuat Anda harus mencari inovasi-inovasi agar bisnis tetap berkembang. Usaha dan kerja keras ini rasanya belum cukup jika kita tidak bisa mengikuti perkembangan zaman. (kmb/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.