Gunung Agung di Karangasem, Bali makin sering erupsi. Ini tentu membuat warga Bali, khususnya warga yang dekat dengan radius bahaya makin waswas. Dulu sempat saya baca, Gunung Agung katanya tak berpotensi menimbulkan letusan besar.

Apakah letusan yang makin sering ini salah satu penyebabnya? Sebagai warga Bali, saya tentu ingin penjelasan yang lebih detail terkait dengan hal ini.

Masalahnya, jauh sebelum erupsi yang makin sering terjadi seperti sekarang ini, ada banyak penjelasan ahli yang tak sesuai dengan faktanya. Ada yang bilang ketika kepulan asap terus terjadi, sekali saja ada tremor, maka Gunung Agung akan meletus. Faktanya juga tak sesuai.

Saya berharap agar jangan sampai warga lambat mengungsi karena potensi letusan Gunung Agung saya yakini masih terjadi. Dulu, warga Bali juga sempat mengungsi namun Gunung Agung tidak meletus. Kini, ketika Gunung Agung sering erupsi dan statusnya masih level III, kita tetap aman setidaknya bagi yang berada jauh dari zona bahaya.

Baca juga:  Gunung Agung Siaga, Warga Bimbang Mengungsi Karena Ini

Mari kita berdoa agar Gunung Agung dengan kondisinya seperti saat ini tetap memberikan yang terbaik bagi masyarakat Bali. Mudah-mudahan kita  terhindar dari hal-hal yang tak kita inginkan.

Saya juga mengucapkan terima kasih kepada petugas yang selama ini telah setia memantau di pos Gunung Agung untuk memberikan informasi yang akurat kepada masyarakat Bali. Tentunya dengan kondisi seperti saat ini, pemerintah kami harapkan tetap siaga dan memiliki cadangan dana yang memadai untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan.

 

I Gede Sutama

Buleleng, Bali

 

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.