Pencanangan gerakan Bali Bersih oleh Gubernur Bali Wayan Koster tampaknya perlu ditindaklanjuti oleh pemerintah desa. Desa sebagai pemerintahan terbawah dan bersentuhan langsung dengan masyarakat mestinya bisa menjadi gerakan terdepan dalam menjabarkan Bali Bersih.

Setidaknya kepala desa atau perbekel bisa mencanangkan gerakan gotong royong Bali Bersih di tiap banjar. Saya yakin Bali Bersih ini jika dijabarkan dengan gerakan terpadu hasilnya akan lebih efektif.

Baca juga:  Lindungi Peternak Babi

Jadi gerakan dengan berbasis banjar di bawah kendali kepala desa akan membuat gerakan ini menjadi budaya. Artinya tak perlu lagi Gubernur harus turun tangan mengedukasi masyarakat untuk menjaga kebersihan Bali. Gubernur sudah menginisiatori gerakan ini dengan mengajak berbagai kalangan.

Sekarang tinggal kita menumbuhkan kesadaran menjaga Bali. Gerakan Bali Bersih ini saya yakin bisa menjadi kebiasaan dan tanggung jawab moral jika ke depan jadwal gotong royong dilakukan lebih sering di tiap banjar.

Baca juga:  Aliansi Pemuda Bali Deklarasi Dukungan Gubernur Koster Dua Periode

Kepala desa hendaknya menjabarkan gerakan ini. Jika kegiatan ini memerlukan anggaran saya pikir dana desa bisa dialokasikan untuk ini.

I Wayan Arsana

Gianyat, Bali

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *