Belakangan ini, saya rasakan ada banyak gerakan untuk menjaga Bali. Saya sebagai krama Bali merasa tertarik menyatakan dukungan, kemudian bersama-sama bisa berpartisipasi menjaga Bali. Terlebih Gubernur Bali Wayan Koster telah memulainya dengan menyiapkan berbagai terobosan regulasi.

Terkait dengan berbagai terobosan tersebut, Gubernur juga berharap agar peserta acara-acara internasional di Bali menggunakan pakaian tradisional Bali. Harapan ini saya rasa dan nilai sangatlah relevan di tengah upaya merawat kembali persatuan bangsa lewat budaya daerah.

Harapan ini tentu harus diposisikan sebagai ajakan kepada kita untuk mencintai budaya kita dengan melestarikan busana dan bahasa secara lebih konkret. Sebagai orang Bali, saya melihat dan merasakan gerakan Gubernur Koster pada Bali Era Baru ini layak kita dukung.

Baca juga:  Layanan Kesehatan Krama Bali

Bahkan bila perlu, kita bisa menjadi relawan gerakan ini untuk membudayakan kembali kepedulian kita terhadap Bali. Merawat Bali memerlukan kesadaran dan tanggung jawab moral. Mudah-mudahan dalam Bali Era Baru ini, sinergi kita makin kuat.

I Wayan Arsana

Gianyar, Bali

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.